PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI AKOMODASI PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA DI KELAS III SD N BANGUNREJO 2

Dyan, Rismawati (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI AKOMODASI PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA DI KELAS III SD N BANGUNREJO 2. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DYAN RISMAWATI_12103241058.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan proses pembelajaran membaca pemahaman melalui akomodasi pada anak berkesulitan belajar membaca di kelas III SD N Bangunrejo 2, dan 2) meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada anak berkesulitan belajar membaca di kelas III SD N Bangunrejo 2. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah anak berkesulitan belajar membaca di kelas III SD N Bangunrejo 2 yang berjumlah 1 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) tes, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Peningkatan proses pembelajaran membaca pemahaman melalui akomodasi dilihat dari meningkatnya partisipasi siswa berkesulitan belajar membaca pemahaman selama proses pembelajaran. Hasil observasi partisipasi siswa pada siklus I menunjukkan subjek AA mulai antusias mengikuti pelajaran, mau bekerjasama dengan baik dan mengerjakan soal latihan bersama guru, namun siswa belum aktif membaca dan tidak konsentrasi saat mengerjakan soal latihan. Pada siklus II terjadi peningkatan, subjek AA yang sebelumnya tidak mau membaca menjadi mau membaca dan konsentrasi subjek AA selama mengerjakan soal meningkat. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa dilihat dari hasil tes kemampuan membaca pemahaman yang telah dikerjakan. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada siklus I sebesar 17,86, kondisi awal 57,14 meningkat menjadi 75 dan peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada siklus II sebesar 25, kondisi awal 57,14 meningkat menjadi 82,14.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 09 Sep 2016 02:16
Last Modified: 30 Jan 2019 10:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41261

Actions (login required)

View Item View Item