PENINGKATAN KETERAMPILAN BINA DIRI MENCUCI TANGAN MELALUI MEDIA VIDEO SENAM IRAMA PADA SISWA CEREBRAL PALSY DI SLB RELA BHAKTI 1 GAMPING

Dwi, Anik Maritasari (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN BINA DIRI MENCUCI TANGAN MELALUI MEDIA VIDEO SENAM IRAMA PADA SISWA CEREBRAL PALSY DI SLB RELA BHAKTI 1 GAMPING. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DWI ANIK MARITASARI_12103244020.pdf

Download (57MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mencuci tangan pada anak cerebral palsy di SLB Rela Bhakti 1 Gamping melalui media video senam irama. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas atau classroom action research. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus tindakan. Subjek penelitian adalah kelas bagian D (tunadaksa) yang berjumlah 2 (dua) siswa cerebral palsy tipe paraplegia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan bina diri cuci tangan anak cerebral palsy dapat ditingkatkan melalui media video senam irama. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan keterampilan setelah dilakukan tindakan. Pada siklus I, subjek RC mengalami peningkatan pencapaian nilai sebesar 22,92 dari kriteria kurang menjadi cukup dan subjek DM mengalami peningkatan nilai sebesar 27,09 dari kriteria kurang menjadi baik. Pelaksanaan tindakan pada siklus II terdapat tindakan perbaikan yaitu: mengedit video senam dengan menempelkan gambar gerakan mencuci tangan yang lebih jelas pada media video tersebut, melakukan pause dalam setiap kali gerakan dalam media video senam irama karena menggunakan metode pengajaran senam gabungan, menutup pintu kelas agar perhatian siswa lebih terpusat, memberikan treatment berupa massage agar siswa dengan spastik di tangan, dan memberikan reward berupa kata-kata pujian dan pin penghargaan bagi siswa yang mampu menjawab pertanyaan maupun aktif bergerak mengikuti gerakan pada media video. Hasil pelaksanaan tindakan siklus II, subjek RC mengalami peningkatan sebesar 25 dari kriteria cukup menjadi baik dan subjek DM mengalami peningkatan sebesar 22,91 dari kriteria baik menjadi sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 09 Sep 2016 02:11
Last Modified: 30 Jan 2019 10:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41260

Actions (login required)

View Item View Item