KEEFEKTIFAN METODE PERMAINAN DOMINO BRAILLE TERHADAP KEMAMPUAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA TUNANETRA KELAS 1 DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA

Dwandaru, Desetya Nurajab (2016) KEEFEKTIFAN METODE PERMAINAN DOMINO BRAILLE TERHADAP KEMAMPUAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA TUNANETRA KELAS 1 DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DWANDARU DESETYA NURAJAB_11103241058.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan metode permainan domino Braille terhadap kemampuan penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran matematika siswa tunanetra kelas I di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain one group pre test-post test. Sampel penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas I SDLB di SLB A Yaketunis Yogyakarta berjumlah dua siswa dengan karakteristik semua subjek yaitu tunanetra kategori buta total. Pengumpulan data penelitian dilakukan menggunakan tes hasil belajar tentang penjumlahan dan pengurangan serta observasi. Analisis data observasi dilakukan menggunakan analisis deskriptif sebagai data penunjang dalam penelitian. Pada data kuantitatif berdasarkan tes hasil belajar tentang penjumlahan dan pengurangan, analisis data dilakukan menggunakan statistik non parametrik dengan tes tanda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode permainan domino Braille efektif terhadap kemampuan penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran Matematika siswa tunanetra kelas I di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil tes tanda yang menunjukkan bahwa diperoleh tanda positif (+) yang lebih banyak dalam hasil tes belajar kemampuan penjumlahan dan pengurangan. Analisis data menggunakan tes tanda menunjukkan hasil pengujian p=0,031, kurang dari p=0,05. Hasil nilai post test yang diperoleh subjek KN menunjukkan peningkatan sebesar 40% pada tes kemampuan penjumlahan, dan 30% pada tes kemampuan pengurangan. Sedangkan hasil post test pada subjek FR menunjukkan peningkatan sebesar 40% pada tes kemampuan penjumlahan, dan 30% pada tes kemampuan pengurangan. Hasil observasi menunjukkan kedua subjek mampu melakukan penjumlahan dan pengurangan secara mandiri saat perlakuan, aktif dalam pembelajaran, mampu secara mandiri membaca huruf Braille pada kartu, dan memperoleh skor dengan kategori “baik”. Penerapan metode permainan domino Braille yaitu siswa diminta mengidentifikasi hasil penjumlahan dan pengurangan yang ada pada kartu untuk dipasangkan dengan kartu lain yang berisi angka sesuai dengan hasil penjumlahan dan pengurangan. Setiap siswa diminta menghitung hasil penjumlahan atau pengurangan yang ada pada kartu menggunakan jari-jarinya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 09 Sep 2016 02:04
Last Modified: 30 Jan 2019 10:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41258

Actions (login required)

View Item View Item