PEMBERDAYAAN KELOMPOK DASA WISMA ANGGREK DESA WISATA PULESARI DENGAN PEMANFAATAN POTENSI LOKALSEBAGAI DAERAH RAWAN BENCANA MERAPI

Prihastuti, Ekawatiningsih, M. Pd and ICHDA, CHAYATI (2016) PEMBERDAYAAN KELOMPOK DASA WISMA ANGGREK DESA WISATA PULESARI DENGAN PEMANFAATAN POTENSI LOKALSEBAGAI DAERAH RAWAN BENCANA MERAPI. In: Seminar Nasional 2016, 26-27 April 2016, UNY.

[img]
Preview
Text
Prosiding Seminar Nasional LPPM UNY 2016 rev_4.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

Peningkatan sumber daya keluarga dapat ditempuh dengan memberikan bekal pengetahuan, keterampilan serta pendampingan berdasar kebutuhan masyarakat, potensi lokal maupun pasar (marketable). Salah satu Obyek Wisata Desa di daerah rawan bencana yang membutuhkan pengembangan adalah Desa Wisata Pulesari, Kalurahan Wonokerto, Kecamatan Turi. Program yang dikembangkan di Desa Wisata dengan slogan Wisata Alam dan Budaya Tradisi ini cukup banyak. Diantaranya Program Museum Salak dengan kegiatannya adalah kuliner hasil olahan salak. Kegiatan ini dikerjakan oleh Kelompok Dasa Wisma Anggrek dengan membuat olahan makanan potensi lokal. Selama ini pembuatan olahan tersebut hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang berkunjung ke desa wisata dan jumlahnya masih sangat terbatas, sementara jika dikembangkan dengan optimal pembuatan olahan pangan lokal sangatlah prospektif. Tujuan kegiatan: 1) Meningkatkan kualitas produk, melalui pelatihan perbaikan dan pengembangan produk serta kemasan sehingga dapat mendekati permintaan pasar, 2) Meningkatkan jumlah produksi, melalui bantuan peralatan (cup sealer, oven, alat pengemas) dan penyediaan bahan baku untuk mencapai target produksi, 3) Menata sistem manajemen melalui pelatihan dan pendampingan sistem pembukuan, pengelolaan peral atan, peningkatan kinerja sumber daya manusia dan sistem pengelolaan bahan baku, 4) Menata strategi pemasaran untuk memperluas jaringan pemasaran melalui pemetaan sistem distribusi dan promosi. Target yang dihasilkan adalah: 1) Peningkatan keterampilan dalam memperbaiki produk yang sudah ada dan membuat produk baru (bakpia salak variasi isi dan minuman rasa salak dengan variasi bahan dan metode) serta membuat kemasan yang menarik dengan bahan pengemas dan label yang tepat sehingga produk yang dihasilkan lebih terstandar baik dari sisi rasa, bentuk, tekstur, porsi, penampilan maupun higienitasnya, 2) Peningkatan kuantitas produk sehingga dapat memenuhi permintaan pasar, 3) Peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam pembukuan, penggunaan peralatan baru, kinerja produksi dan bahan baku terstandar sehingga produk yang dihasilkan konsisten, 4) Tertatanya strategi pemasaran dapat meningkatkan jangkauan pemasaran, ditemukan peluang pasar baru, promosi melalui pameran dan show room Mitra Turindo.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: Prosiding Seminar Nasional 2016
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan , Desa Wisata, Potensi Lokal, Rawan Bencana
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 08 Sep 2016 02:11
Last Modified: 08 Sep 2016 02:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41214

Actions (login required)

View Item View Item