Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri dan Teknik Penilaian Inkuiri oleh Guru Biologi Ditinjau dari Latar Belakang Akademik di SMA Negeri Kota Surakarta

Purbowati, Dwi (2016) Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri dan Teknik Penilaian Inkuiri oleh Guru Biologi Ditinjau dari Latar Belakang Akademik di SMA Negeri Kota Surakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dwi-purbawati-14725251023.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) implementasi model pembelajaran inkuiri oleh guru biologi di SMA Negeri Kota Surakarta ditinjau dari latar belakang akademik (2) implementasi teknik penilaian inkuiri oleh guru biologi di SMA Negeri Kota Surakarta ditinjau dari latar belakang akademik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di tujuh SMA Negeri Kota Surakarta. Subjek penelitian adalah guru biologi kelas X dan siswa kelas X sebanyak 1 kelas dari masing-masing sekolah.Sampel penelitian diambil dengan metode sampling insidental dari populasi tak terhingga. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, kuesioner, angket, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, lembar kuesioner, lembar angket, lembar dokumentasi, dan lembar pedoman wawancara. Instrumen kuesioner model pembelajaran inkuiri dinyatakan valid dan reliabel dengan realibility of estimate sebesar 0,86. Instrumen kuesioner teknik penilaian inkuiri dinyatkan valid dan reliabel dengan realibility of estimate sebesar 0,77. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualiitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru biologi dengan latar belakang akademik jenjang pendidikan S1 perguruan tinggi negeri, lama mengajar <15 tahun dan mengikuti diklat 1-3 kali mampu mengimplementasikan hampir semua aspek model pembelajaran inkuiri, (2) Guru biologi dengan latar belakang akademik jenjang pendidikan S2 perguruan tinggi swasta, lama mengajar 15-20 tahun dan mengikuti diklat 1-3 kali mampu mengimplementasikan teknik penilaian inkuiri.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: implementasi, model pembelajaran inkuiri, teknik penilaian inkuiri, latar belakang akademik
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Sep 2016 07:02
Last Modified: 09 May 2019 07:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41129

Actions (login required)

View Item View Item