Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu pada Tema Pemanasan Global untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik SMP

Rezkita, Shanta (2011) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu pada Tema Pemanasan Global untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-shanta-rezkita-09708251021.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui proses pengembangan perangkat pembelajaran sains terpadu dengan model PBL, pendekatan SETS, dan strategi inkuiri terbimbing pada tema pemanasan global, 2) mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran sains terpadu yang dikembangkan, dan 3) mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran sains terpadu dalam meningkatkan kreativitas peserta didik SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Tahapan penelitian terdiri dari studi pendahuluan, perancangan, dan pengembangan. Proses studi pendahuluan meliputi studi pustaka, observasi, dan wawancara. Proses perancangan meliputi penentuan standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator pembelajaran, merancang alat peraga serta instrumen penilaian kreativitas. Proses pengembangan meliputi validasi perangkat, review perangkat, revisi pertama, uji coba terbatas, revisi kedua, uji coba luas, dan revisi ketiga. Validasi perangkat melibatkan 2 dosen ahli materi dan 1 dosen ahli media. Review perangkat melibatkan 3 pendidik dan 4 teman sejawat. Subjek uji coba berjumlah 70 peserta didik terdiri dari 10 peserta didik uji coba terbatas dan 60 peserta didik uji coba luas. Instrumen yang digunakan lembar wawancara, angket penilaian terhadap perangkat dan proses pembelajaran, soal pretest dan posttest serta lembar observasi sikap, proses, dan produk kreatif. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif, uji One-Sample Kolmogorov Smirnov, dan uji t sampel independen yaitu uji F (Levene’s test) kesamaan varian dan uji t selisih beda rata-rata. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Pengembangan perangkat pembelajaran sains terpadu dengan model PBL, pendekatan SETS, dan strategi inkuiri terbimbing pada tema pemanasan global dilaksanakan sesuai dengan modifikasi prosedur pengembangan Borg & Gall. 2) Perangkat pembelajaran sains terpadu layak digunakan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik berdasarkan validasi ahli materi, ahli media, review pendidik, teman sejawat, dan respon peserta didik. 3) Perangkat pembelajaran sains terpadu efektif meningkatkan kreativitas peserta didik SMP. Hasil belajar peserta didik dengan perangkat ini menunjukkan selisih skor rerata sebesar 13 dan gain standar sebesar 0.25 dibandingkan hasil belajar dengan perangkat modifikasi dari pendidik dan BSNP.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, sains terpadu, kreativitas
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2016 07:59
Last Modified: 29 Jan 2019 08:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41041

Actions (login required)

View Item View Item