Perbedaan Metode Student Team Achievement Division dan Think Pair Share dalam Meningkatkan Kerjasama dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Margoyoso Pati Jawa Tengah

Safitri, Novika Malinda (2016) Perbedaan Metode Student Team Achievement Division dan Think Pair Share dalam Meningkatkan Kerjasama dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Margoyoso Pati Jawa Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-novika-malinda-safitri-14705251017.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan peningkatan kerjasama siswa antara kelas yang menggunakan metode STAD dan metode TPS dalam pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 1 Margoyoso Pati Jawa Tengah, dan (2) perbedaan peningkatan aktivitas belajar siswa antara kelas yang menggunakan metode STAD dan metode TPS dalam pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 1 Margoyoso Pati Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain pretest-posttest non-equivalent group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Margoyoso Pati Jawa Tengah. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling pada kelompok yang menjadi populasi dan terpilih kelas VII D diberi perlakuan dengan menggunakan metode STAD dan kelas VII A menggunakan metode TPS. Instrumen yang digunakan adalah instrumen nontes yaitu angket kerjasama dan aktivitas belajar siswa. Validitas instrumen diukur dengan analisis faktor. Reliabilitas instrumen diukur dengan rumus Cronbach’s Alpha. Uji normalitas data menggunakan Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan Levene Test. Untuk menguji perbedaan peningkatan kerjasama dan aktivitas belajar siswa dianalisis dengan Independent Sample T Test pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan peningkatan kerjasama siswa yang signifikan antara kelas yang menggunakan metode STAD dan metode TPS dalam pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 1 Margoyoso Pati Jawa Tengah. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan t=0,013<0,05 dan hasil rata-rata gainscore kerjasama siswa menggunakan metode STAD sebesar 29,69 sedangkan metode TPS sebesar 24,69, dan (2) terdapat perbedaan peningkatan aktivitas belajar siswa yang signifikan antara kelas yang menggunakan metode STAD dan metode TPS dalam pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 1 Margoyoso Pati Jawa Tengah. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan t=0,011<0,05 dan hasil rata-rata gainscore aktivitas belajar siswa menggunakan metode STAD sebesar 26,88 sedangkan metode TPS sebesar 20,84. Berdasarkan hasil analisis data dan rata-rata gainscore, kerjasama dan aktivitas belajar siswa menggunakan metode STAD lebih tinggi dibandingkan metode TPS. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran IPS metode STAD lebih efektif dalam meningkatkan kerjasama dan aktivitas belajar siswa dibandingkan dengan metode TPS

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: student team achievement divison, think pair share, kerjasama siswa, aktivitas belajar diswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:09
Last Modified: 09 May 2019 07:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40998

Actions (login required)

View Item View Item