Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu untuk Meningkatkan Kognitif dalam Pembelajaran Sains Tema Pemanasan Global bagi Siswa SMP/MTs

Sariyah, Sariyah (2011) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu untuk Meningkatkan Kognitif dalam Pembelajaran Sains Tema Pemanasan Global bagi Siswa SMP/MTs. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sariyah-09708251013.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan perangkat pembelajaran sains terpadu, yang terdiri dari Silabus, RPP, Buku Paserta Didik, Buku Pedoman Guru, Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), dan Alat Peraga Model Efek Rumah Kaca; 2) mengetahui respon peserta didik terhadap perangkat pembelajaran terpadu; dan 3) mengetahui peningkatan aspek kognitif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D.) Model pengembangan yang digunakan adalah adaptasi dari Borg & Gall (1983) yang meliputi (1) tahap studi pendahuluan, (2) tahap penyusunan draft produk, dan (3) tahap pengembangan dan evaluasi. Tahap pengembangan dan evaluasi berupa uji validitas pakar, uji coba terbatas dan uji coba luas. Subjek coba pada penelitian ini adalah siswa SMPN 8 Yogyakarta sejumlah 10 siswa kelas VIII-4 untuk uji coba terbatas, 68 siswa untuk uji coba luas, dengan rincian 34 siswa kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen yang proses pembelajarannya menggunakan perangkat sains terpadu, 34 siswa kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol yang proses pembelajarannya menggunakan perangkat yang sudah ada. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, pre-test dan post-test. Pre-test dan post-test diberikan pada uji coba luas untuk mengetahui kemampuan sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa perangkat pembelajaran sains terpadu tema pemanasan global dapat diterapkan untuk meningkatkan kognitif dalam pembelajaran sains bagi siswa SMP. Kenaikan skor dan nilai uji kognitif pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan respon siswa pada uji coba luas dapat disimpulkan 1) perangkat pembelajaran sains terpadu yang meliputi buku peserta pidik termasuk kriteria baik, lembar kegiatan peserta didik termasuk kriteria sangat baik, alat peraga termasuk kriteria baik, dan proses pembelajaran termasuk kriteria sangat baik dan 2) perangkat pembelajaran sains terpadu yang meliputi buku peserta didik, lembar kegiatan peserta didik, alat peraga, dan proses pembelajran dapat meningkatkan pengetahuan (kognitif) siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, sains terpadu, kognitif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2016 08:11
Last Modified: 29 Jan 2019 08:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40979

Actions (login required)

View Item View Item