PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI TEKNIK LATIHAN GRAPHOMOTOR PADA ANAK CEREBRAL PALSY DI SEKOLAH LUAR BIASA DAYA ANANDA

Dhian, Ameilya Subadri (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI TEKNIK LATIHAN GRAPHOMOTOR PADA ANAK CEREBRAL PALSY DI SEKOLAH LUAR BIASA DAYA ANANDA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DHIAN AMEILYA SUBARDI_12103244062.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pada pembelajaran menulis permulaan dan meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak cerebral palsy di Sekolah Luar Biasa (SLB) Daya Ananda. Upaya meningkatkan kemampuan menulis permulaan yaitu dengan menggunakan teknik latihan graphomotor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subyek penelitian adalah seorang siswa cerebral palsy kelas V di SLB Daya Ananda. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis permulaan anak cerebral palsy dapat ditingkatkan melalui teknik latihan graphomotor. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari peningkatan proses pembelajaran dan nilai hasil evaluasi siswa. Hasil peningkatan proses dalam pembelajaran menulis permulaan melalui teknik latihan graphomotor yaitu subyek mampu memperhatikan instruksi guru, terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, lebih termotivasi dalam menulis permulaan, dan lebih mampu berkonsentrasi dalam jangka waktu yang lama. Adapun pelaksanaan tindakan siklus II terdapat perbaikan yaitu guru membuat teknik latihan lebih bervariasi dan memberikan reward berupa kata-kata pujian untuk siswa setelah melakukan kegiatan menulis. Teknik latihan yang digunakan pada penelitian ini adalah membuat garis horizontal dan vertikal, garis miring, garis lengkung dan garis bergelombang yang dilakukan secara bertahap dan berulang untuk meningkatkan kemampuan menulis huruf kapital dan huruf kecil, menulis kata serta menulis kalimat. Nilai hasil belajar pada siklus I subjek AGS mengalami peningkatan pencapaian nilai sebesar 65 (kriteria baik) dari kemampuan awal sebesar 50 (kriteria cukup). Hasil pelaksanaan tindakan siklus II subjek AGS mengalami peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 87,5 dari kriteria baik menjadi sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 31 Aug 2016 01:54
Last Modified: 30 Jan 2019 10:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40960

Actions (login required)

View Item View Item