EFEKTIVITAS MEDIA PAPAN BIMBINGAN TERHADAP PEMAHAMAN PENDIDIKAN SEKS ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS V DI SLB YAPENAS CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN

Christina, Kinanthi Ariningsih (2016) EFEKTIVITAS MEDIA PAPAN BIMBINGAN TERHADAP PEMAHAMAN PENDIDIKAN SEKS ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS V DI SLB YAPENAS CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
CHRISTINA KINANTHI ARININGSIH_12103241011.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media papan bimbingan dalam pemahaman pendidikan seks pada anak tunagrahita ringan kelas V di SLB Yapenas Condongcatur Depok Sleman. Jenis penelitian ini yaitu penelitian Kuasi eksperimen. Subjek penelitian berjumlah 4 siswa tunagrahita kelas V yang terdiri dari 1 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest design. Metode pengumpulan data menggunakan: 1) tes hasil belajar kemampuan pemahaman pendidikan seks, dan 2) observasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah statistik deskripsif. Berdasarakan hasil penelitian, media papan bimbingan efektif terhadap pengetahuan pendidikan seks anak tunagrahita ringan kelas V di SLB Yapenas Condongcatur Depok Sleman. Hal tersebut dilihat dari rata-rata hasil persentase pre-test sebesar 59,95% dan post-test sebesar 87,4% sehingga terjadi kenaikan 27,4%. Selain itu dilihat dari hasil observasi siswa mampu menjelaskan perbedaan laki-laki dan perempuan yang meliputi ; 1)Atribut yang membedakan jenis kelamin, 2)membedakan bagian-bagian tubuh sesuai jenis kelamin, 3)kemampuan menjaga diri bagian tubuh pribadi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 31 Aug 2016 01:34
Last Modified: 30 Jan 2019 10:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40949

Actions (login required)

View Item View Item