PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SEPEDA MOTOR B PADA MATA PELAJARAN PERBAIKAN PERAWATAN MEKANIK OTOMOTIF DI SMK PIRI SLEMAN

Nugroho, Rian Wahyu (2016) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SEPEDA MOTOR B PADA MATA PELAJARAN PERBAIKAN PERAWATAN MEKANIK OTOMOTIF DI SMK PIRI SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SEPEDA MOTOR B PADA MATA PELAJARAN PERBAIKAN PERAWATAN MEKANIK OTOMOTIF DI SMK PIRI SLEMAN Oleh: Rian Wahyu Nugroho NIM. 09504244019 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pelaksanaan implementasi media Pembelajaran Audio Visual dalam upaya meningkatkan Motivasi siswa pada mata pelajaran PPMO di SMK PIRI Sleman; (2) Mengetahui pelaksanaan implementasi media Pembelajaran Audio Visual dalam upaya meningkatkan Prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran PPMO di SMK PIRI Sleman. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Sepeda Motor B Di SMK PIRI Sleman. Jenis penelitian ini termasuk dalam PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang langkahnya sebagai berikut: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) observasi dan; 4) refleksi. Pengambilan data penelitian melalui observasi, tes tertulis, dan angket dengan instrumen penelitian berupa: 1) lembar observasi; 2) soal tes dan; 3) lembar angket. Observasi dilakukan untuk mengukur keterlaksanaan pembelajaran PPMO dengan media Pembelajaran Audio Visual. Tes tertulis dilakukan untuk mengukur Prestasi belajar dan siswa. Angket diberikan untuk mengetahui respon siswa. Adapun teknik analisis data untuk instrumen lembar observasi dan lembar angket menggunakan rumus persentase, untuk instrumen soal tes menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Pembelajaran Audio Visual dalam pembelajaran Perbaikan Perawatan Mekanik Otomotif dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Hal ini berdasarkan perolehan persentase rerata prestasi belajar siswa siklus I sebesar 67,21 dan rerata prestasi belajar siswa siklus II sebesar 71,73. Ketercapaian KKM siklus I sebesar 52,17% dan ketercapaian KKM siklus II sebesar 82,61%. Hasil observasi aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 82% pada aspek memperhatikan, 34% pada aspek mencatat, 13% pada aspek bertanya, 21% pada aspek menjawab pertanyaan, 43% pada aspek mengemukakan pendapat, 17% pada aspek mendiskusikan materi, dan 78% pada aspek kemandirian belajar. Hasil observasi aktivitas belajar siswa siklus II sebesar 95% pada aspek memperhatikan, 56% pada aspek mencatat, 43% pada aspek bertanya, 34% pada aspek menjawab pertanyaan, 52% pada aspek mengemukakan pendapat, 34% pada aspek mendiskusikan materi, dan 86% pada aspek kemandirian belajar. Selain itu, siswa memberikan respon sangat positif terhadap penerapan media Pembelajaran Audio Visual dalam pembelajaran PPMO. Hal ini berdasarkan persentase hasil angket sebesar 95,65% siswa merespon sangat positif dan 4,35% siswa merespon positif. Kata-kata kunci: Media Pembelajaran Audio Visual, Penelitian Tindakan Kelas, Motivasi Belajar siswa, Prestasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 31 Aug 2016 01:16
Last Modified: 30 Jan 2019 10:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40938

Actions (login required)

View Item View Item