UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ANGKLUNG PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN METODEHAND SIGN KODALY PADA EKSTRAKURIKULER ANSAMBEL MUSIK DI SMP NEGERI 9 YOGYKARTA

Weldhanie, Muhammad Rezki (2016) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ANGKLUNG PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN METODEHAND SIGN KODALY PADA EKSTRAKURIKULER ANSAMBEL MUSIK DI SMP NEGERI 9 YOGYKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi_Muhammad Rezki Weldhanie_12208241060.pdf
Restricted to Registered users only until 2026.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar angklung peserta didik menggunakan metode hand sign Kodaly pada ekstrakurikuler ansambel musik di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research yang terdiri atas dua siklus, tiap siklus dilaksanakan dalam tiga pertemuan yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler ansambel musik sebanyak 29 peserta didik dan seorang guru sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar penilaian tes praktik, obeservasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penilaian berpedoman pada instrumen penelitian yang telah divalidasi oleh expert. Validitas penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa validitas proses, validitas hasil, validitas katalik, validitas dialogis, dan validitas demokratik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode hand sign Kodaly dapat meningkatkan hasil belajar angklung peserta didik pada kegiatan ekstrakurikuler ansambel musik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata yang dicapai siswa, yaitu perolehan nilai pada pra siklus sebesar 57,87, kemudian meningkat menjadi 60,44 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 65,34 pada siklus II. Dari hasil rata-rata nilai tersebut dapat dikatakan bahwa metode hand sign Kodaly dapat meningkatkan hasil belajar angklung peserta didik pada ekstrakurikuler ansambel musik di SMP Negeri 9 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 30 Aug 2016 06:58
Last Modified: 30 Jan 2019 10:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40901

Actions (login required)

View Item View Item