Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Berbasis Domain Kreativitas Sains untuk Menanamkan Karakter Siswa SMP

Sumarah, Jati (2012) Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Berbasis Domain Kreativitas Sains untuk Menanamkan Karakter Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-jati-sumarah-09708251015.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat SSP berbasis domain kreativitas sains untuk digunakan dalam pembelajaran sains di SMP. Selain itu penelitian juga bertujuan untuk mengetahui kemampuan perangkat SSP berbasis domain kreativitas sains dalam menanamkan karakter siswa SMP. Khususnya, karakter percaya diri, mandiri, dan rasa ingin tahu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall dengan melaksanakan studi pendahuluan, perencanaan, penyusunan draft SSP dan validasi, uji terbatas, evaluasi dan revisi, uji coba lebih luas, evaluasi dan penyempurnaan.Subjek coba pada penelitian ini adalah siswa SMP N 4 Yogyakarta dan SMP N 10 Yogyakarta sebanyak 70 orang dengan rincian: 10 siswa SMP N 4 Yogyakarta untuk uji coba terbatas dengan metode one-shot case study design dan 60 siswa SMP N 10 Yogyakarta untuk uji coba luas dengan metode pre-test post-test control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman wawancara, lembar validasi perangkat, angket, lembar observasi, dan tes (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa SSP yang dikembangkan peneliti ditinjau dari komponen silabus, komponen RPP, komponen modul siswa, komponen LKS, dan komponen lembar evaluasi, menurut ahli, guru sains, maupun teman sejawat secara umum berkategori baik. Respon siswa terhadap penggunaan SSP dalam pembelajaran adalah setuju. Penerapan SSP dalam pembelajaran secara umum dapat terlaksana dengan kategori baik. Pembelajaran dengan SSP yang dikembangkan juga dapat menanamkan karakter percaya diri, mandiri, dan rasa ingin tahu.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Subject Specific Pedagogy (SSP), domain kreativitas sains, karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 30 Aug 2016 01:40
Last Modified: 30 Aug 2016 01:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40844

Actions (login required)

View Item View Item