PENINGKATAN PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS DENGAN MEDIA INTERAKTIF SEBAGAI PENERAPAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 3 KASIHAN BANTUL

Hasnawati, S.Pd. (2007) PENINGKATAN PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS DENGAN MEDIA INTERAKTIF SEBAGAI PENERAPAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 3 KASIHAN BANTUL. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Hasnawati.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran desain grafis dengan menggunakan media interaktif di SMK Negeri 3 Kasihan Bantul Yogyakarta, dan mendeskripsi-kan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran desain grafis dengan menggunakan media interaktif di SMK Negeri 3 Kasihan Bantul Yogyakarta.Subjek penelitian adalah siswa kelas XII Desain Komunikasi Visual SMK Negeri 3 Kasihan Bantul se¬ba¬nyak 20 orang. Penelitian ini didesain sebagai Penelitian Tindak¬an Kelas (PTK) dengan langkah penelitian mengacu pada model yang diterapkan oleh Kemmis dan Mctaggart dan dilaksanakan 2 siklus. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitaif. Data yang dianalisis secara kualitatif adalah data dari hasil observasi dan wawancara, sedangkan data yang dianalisis secara kuantitatif adalah data yang berdasarkan penilaian hasil tes tentang materi desain grafis. Hasil penelitian tindakan I menunjukkan bahwa pemahaman teori dasar-dasar desain grafis dengan tes pilihan ganda dengan 25 soal, siswa mendapatkan nilai dengan rata-rata 6,2. Pelaksanaan tindakan I masih mengalami permasalahan dalam hal pembelajaran desain grafis, hal ini ditandai dengan nilai rata-rata siswa yang masih sangat kurang. Oleh karena itu perlu diadakan tindakan II. Tindakan II dilakukan setelah merevisi media pembelajaran interaktif yang dikembangkan oleh peneliti. Pelaksanaan tindakan II ini sudah menunjukkan ada peningkatan yang signifikan, yaitu nilai rata-rata siswa sudah mencapai 8. Oleh karena itu, dengan adanya peningkatan nilai tindakan II ini, maka dianggap tidak perlu lagi dilakukan tindakan III. Analisis data menunjukkan bahwa media pembelajaran yang interkatif dapat mempengaruhi hasil pembelajaran yang cukup besar. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil tes yang diperoleh siswa pra tindakan adalah 3,33, tindakan I adalah 6,2, dan tindakan II adalah 8. Kata kunci: pembelajaran desain grafis dengan media interaktif FBS, 2007 (PEND. SENI RUPA)

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: lembaga penelitian
Date Deposited: 14 Aug 2012 04:46
Last Modified: 14 Aug 2012 04:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4081

Actions (login required)

View Item View Item