PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI BERBASIS FLASH UNTUK SISWA SMA KELAS X

Palupi, Tunjung Laras Galuh and Hernawati, Kuswari (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI BERBASIS FLASH UNTUK SISWA SMA KELAS X. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif materi trigonometri untuk siswa SMA kelas X dan mengetahui kualitas media yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang berorientasi pada pengembangan produk. Model pengembangan media pembelajaran yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penelitian ini berupa lembar evaluasi media untuk ahli materi, lembar evaluasi media untuk ahli media, lembar observasi keterlaksanaan, angket respon siswa, tes hasil belajar, dan pedoman wawancara. Produk yang dihasilkan berupa aplikasi media pembelajaran interaktif materi trigonometri. Kualitas media pembelajaran trigonometri untuk: (1) aspek validitas termasuk dalam kategori baik, perolehan skor rata-rata dari dosen ahli materi 4,00 termasuk dalam kategori baik dan perolehan skor rata-rata dari dosen ahli media 3,76 termasuk dalam kategori baik, didapat perolehan skor rata-rata oleh kedua dosen ahli yaitu 3,88 dengan skor maksimal 5; (2) aspek kepraktisan termasuk dalam kategori baik, ditinjau berdasarkan respon positif dari 24 siswa kelas X SMAN 2 Sukorejo terhadap penggunaan media pembelajaran trigonometri, perolehan skor rata-rata yaitu 2,95 dengan maksimal skor 4; serta (3) aspek keefektifan menunjukkan bahwa media efektif digunakan dalam belajar matematika, ditinjau dari perolehan hasil tes 24 siswa kelas X SMA N 2 Sukorejo yang menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes adalah 80,41 dengan nilai maksimal 95 termasuk dalam kategori sangat baik dan persentase ketuntasan kelas adalah 83,33%, termasuk dalam kategori sangat baik. Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran interaktif, trigonometri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 31 Aug 2016 01:33
Last Modified: 30 Jan 2019 10:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40801

Actions (login required)

View Item View Item