Faktor Dominan yang Mempengaruhi Hasil Belajar Sains Siswa MTs di Kabupaten Blora

Rohmawati, Fitri (2011) Faktor Dominan yang Mempengaruhi Hasil Belajar Sains Siswa MTs di Kabupaten Blora. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fitri-rohmawati-07708251007.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui faktor dominan yang mempengaruhi hasil belajar sains siswa MTs di Kabupaten Blora dan (2) mengetahui besar persentase faktor dominan yang mempengaruhi hasil belajar sains siswa MTs di Kabupaten Blora. Penelitian ini merupakan penelitian survei penjelasan (explanatory survey). Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive random sampling yaitu kelas VIII. Pengumpulan data menggunakan angket yang dikembangkan menjadi empat macam yaitu angket motivasi belajar siswa, angket sarana dan prasarana belajar, angket perhatian orang tua, dan angket cara guru dalam mengajar. Masing-masing angket menggunakan skala Likert dengan skala tiga yaitu sering, kadang-kadang, tidak pernah. Jumlah butir pertanyaan dalam angket motivasi belajar siswa adalah 22 butir, angket sarana dan prasarana belajar siswa adalah 15 butir, angket perhatian orang tua adalah 19 butir, dan angket cara guru dalam mengajar adalah 18 butir. Pada penelitian ini data diperoleh secara kuantitatif yang berupa skor dan dianalisis menggunakan analisis regresi ganda dengan bantuan program SPSS versi 15 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi hasil belajar belajar dengan kontribusi sebesar 50,60%, dan faktor kedua adalah perhatian orang tua dengan kontribusi efektif sebesar 7,80%. Faktor ketiga yang mempengaruhi hasil belajar sains siswa adalah sarana dan prasarana belajar siswa dengan kontribusi efektif sebesar 2,60%, dan faktor keempat yang mempengaruhi hasil belajar sains adalah cara guru dalam mengajar dengan kontribusi efektif sebesar 2,50%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: faktor dominan, hasil belajar sains
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2016 06:38
Last Modified: 29 Jan 2019 08:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40781

Actions (login required)

View Item View Item