Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Berbasis Domain Proses Sains untuk Menanamkan Karakter Siswa SMP

Romadoni, Diyah Ika (2011) Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Berbasis Domain Proses Sains untuk Menanamkan Karakter Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-diyah-ika-romadoni-09708251009.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: (1) mengetahui cara merancang SSP (Student Specific Pedagogy) berbasis domain proses Sains dengan model pembelajaran Learning Cycle sehingga dapat diketahui pengaruhnya dalam usaha menanamkan karakter siswa SMP, (2) mengetahui pengaruh implementasi SSP berbasis domain proses Sains terhadap penanaman karakter siswa SMP, dan (3) mengetahui karakteristik SSP berbasis domain proses sains untuk menanamkan karakter siswa SMP yang mencakup validitas dan keterpakaian di SMP. Penelitian ini termasuk Research and Development. Berikut langkah-langkah dalam mengembangkan SSP: 1) pengumpulan informasi dan penelitian pendahuluan, 2) perencanaan, 3) pengembangan draf, 4) uji coba lapangan terbatas, 5) revisi produk awal), 6) uji coba luas, dan 7) revisi produk operasional. Produk SSP hasil pengembangan kemudian diujicobakan dalam uji coba terbatas dan luas. Subyek penelitian dalam uji coba lapangan luas berjumlah 15 siswa, sedangkan dalam uji coba luas berjumlah 35 siswa untuk kelas kontrol dan 35 siswa untuk kelas eksperimen. Hasil pengembangan SSP dinilai dengan sistem skor 5 kategori. Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan penanaman karakter digunakan analisis uji beda rata-rata dengan independent sample t-test. Hasil penelitian adalah sebagai berikut; Hasil pengembangan SSP dalam silabus berkategori baik pada skor 32,5, RPP berkategori baik pada skor 59, buku ajar berkategori baik pada skor 206,5, LKS berkategori sangat baik pada skor 110, penilaian dan pedoman penskoran proses Sains berkategori sangat baik pada skor 68, dan proses Sains berkategori sangat baik pada skor 39,5. Hasil uji independent sample t-test membuktikan bahwa nilai sig. hasil uji t pada ketercapaian penanaman karakter kerja keras sebesar 0,067, tanggung jawab sebesar 0,000, dan kreatif sebesar 0,000. Nilai taraf signifikansi α = 0,05. Karena nilai tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti ada perbedaan signifikan pada ketercapaian penanaman karakter tanggung jawab dan kreatif antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran konvensional dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran SSP hasil pengembangan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Subject Specific Pedagogy (SSP), berbasis domain proses sains, karakter siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2016 06:29
Last Modified: 29 Jan 2019 08:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40780

Actions (login required)

View Item View Item