Pengembangan Tes Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fisika Dengan Memanfaatkan Spesifikasi Butir Soal

Astrini, Dhien (2016) Pengembangan Tes Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fisika Dengan Memanfaatkan Spesifikasi Butir Soal. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dhien-astrini-14701251015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk menghasilkan spesifikasi butir soal pada mata pelajaran Fisika, (2) mengetahui keunggulan dari tes prestasi belajar mata pelajaran fisika yang dikembangkan dengan memanfaatkan spesifikasi butir soal, (3) mengetahui karakteristik butir soal yang akan dimasukkan ke dalam paket tes paralel pada mata pelajaran fisika, (4) mengetahui penyetaraan kemampuan peserta didik kelas X yang mengerjakan tes prestasi belajar mata pelajaran fisika, dan (5) mengetahui distribusi kemampuan yang dimiliki peserta didik kelas X SMA di kota Yogyakarta. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Dallo-Antonio. Tahap pengembangan produk didasarkan pada kisi-kisi tes dan spesifikasi butir soal. Uji coba terbatas dilakukan terhadap 354 peserta didik dari sekolah dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Uji penelitian skala luas dilakukan pada tiga sekolah dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah masing- masing melibatkan empat kelas sebanyak 372 peserta didik untuk paket soal A dan paket soal B. Analisis butir soal dilakukan melalui analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis kualitatif berdasarkan pada kesesuaian butir soal dengan lembar telaah pada aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Analisis kuantitatif dilakukan melalui pendekatan teori respons butir dengan bantuan program BILOG-MG 3,0. Validitas isi dilakukan oleh sepuluh orang terdiri atas ahli pengukuran, ahli pendidikan fisika, dan guru mata pelajaran fisika di kota Yogyakarta. Instrumen tes paket A dan paket B memiliki reliabilitas tinggi berdasarkan fase tiga ouput BILOG-MG berturut-turut sebesar 0,86 dan 0,82. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) spesifikasi butir soal yang dihasilkan pada mata pelajaran fisika mencakup materi alat optik, suhu dan kalor. Spesifikasi ini terdiri atas dua Standar Kompetensi, 40 indikator soal, deskripsi umum, ciri-ciri stimulus, ciri-ciri pertanyaan, ciri-ciri jawaban, contoh butir dan kunci jawaban; (2) tes yang dikembangkan pada mata pelajaran fisika dengan memanfaatkan spesifikasi butir soal memiliki keunggulan dalam menghasilkan tes yang lebih setara dibandingkan dengan tes yang dirakit tanpa memanfaatkan spesifikasi butir soal; (3) rerata tingkat kesukaran butir soal tes prestasi belajar mata pelajaran fisika pada paket A sebesar -0,712 dan paket B sebesar -0,514. Tingkat kesukaran antara paket A dan paket B menunjukkan indeks tingkat kesukaran yang hampir setara tanpa melalui proses penyetaraan; (4) tes prestasi belajar mata pelajaran fisika cocok dengan model 2-PL; dan (5) Hasil penyetaraan kemampuan paket A dan paket B diperoleh persamaan sebagai berikut dan distribusi kemampuan peserta didik kelas X SMA di kota Yogyakarta sebagian besar berada pada kategori kemampuan rata-rata

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Tes Prestasi Belajar, Spesifikasi Butir Soal, Fisika
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Aug 2016 04:07
Last Modified: 08 Mar 2022 05:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40771

Actions (login required)

View Item View Item