Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam Pembelajaran Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau

Pandra, Viktor (2011) Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam Pembelajaran Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-viktor-pandra-07709251001.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keefektifan dari Model Pembelajaran Problem Solving, Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI, dan Model Pembelajaran Konvensional dalam pembelajaran Teorema Pythagoras; dan 2) model pembelajaran yang paling efektif antara Model Pembelajaran Problem solving dan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI dalam pembelajaran Teorema Pythagoras. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol pretes-postes beracak. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen (model pembelajaran Problem Solving dan model pembelajaran Kooperatif tipe TAI) dan satu kelompok kontrol (model pembelajaran Konvensional). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan sebanyak sembilan kelas. Sampel penelitian sebanyak tiga kelas yang dipilih secara random. Data hasil penelitian dianalisis dengan analysis of variance (ANOVA), dan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran menggunakan hasil perhitungan ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Model Pembelajaran Problem Solving efektif dalam pembelajaran Teorema Pythagoras kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau; 2) Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI tidak efektif dalam pembelajaran Teorema Pythagoras kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau; 3) Model Pembelajaran Konvensional tidak efektif dalam pembelajaran Teorema Pythagoras kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau; dan 4) Model Pembelajaran Problem Solving paling efektif dibanding Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI dan Model Pembelajaran Konvensional dalam pembelajaran Teorema Pythagoras kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran problem solving, model pembelajaran kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2016 03:52
Last Modified: 29 Jan 2019 08:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40766

Actions (login required)

View Item View Item