Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tipe Group Investigation (GI) terhadap Ketercapaian Kompetensi dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa di SMA

Syarifuddin, Syarifuddin (2011) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tipe Group Investigation (GI) terhadap Ketercapaian Kompetensi dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa di SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-syarifuddin-09709251028.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe GI terhadap ketercapaian kompetensi dasar dan kemampuan komunikasi matematika siswa SMA Negeri 1 Bolo dan (2) menjelaskan pembelajaran yang lebih berpengaruh antara kooperatif tipe Jigsaw dan tipe GI terhadap ketercapaian kompetensi dasar dan kemampuan komunikasi matematika siswa SMA Negeri 1 Bolo. Penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi-Experimen) dengan desain penelitian ”pre-test-post-test with nonequivalent group”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bolo yaitu sebanyak 6 kelas. Populasi ini terdapat 4 kelas jurusan IPA, sedangkan jurusan IPS dan bahasa masing-masing 1 kelas. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas dan diambil secara acak dari jurusan IPA. Kelas pertama adalah kelas XI IPA-3 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sedangkan kelas kedua adalah kelas XI IPA-2 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes untuk mengumpulkan data tentang ketercapaian kompetensi dasar dan kemampuan komunikasi matematika. Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran, data dianalisis secara deskriptif dengan mengacu pada KKM yaitu 80% siswa mencapai nilai 65. Untuk membandingkan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan GI, data dianalisis secara multivariat dengan statistik uji two-group MANOVA pada taraf signifikansi 5%. Kemudian untuk melihat model pembelajaran yang lebih berpengaruh pada masing-masing variabel dengan menggunakan Uji Univariat (Uji-t) pada taraf siginfikansi α/p (p = 2), jadi untuk α = 0,05 untuk masing-masing uji-t digunakan kriteria 0,05/2 = 0,025. Hasil penelitian menunjukan: (1) model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan GI berpengaruh terhadap ketercapaian kompetensi dasar dan kemampuan komunikasi matematika siswa SMA Negeri 1 Bolo dan (2) model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih efektif dari pada model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ditinjau dari aspek kemampuan komunikasi matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI), ketercapaian kompetensi dasar, kemampuan komunikasi matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2016 03:33
Last Modified: 29 Jan 2019 08:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40761

Actions (login required)

View Item View Item