PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK AUTIS KELAS III SD DI SLB RELA BHAKTI I GAMPING

Annisa, Wulandari (2016) PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK AUTIS KELAS III SD DI SLB RELA BHAKTI I GAMPING. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ANNISA WULANDARI_12103241019.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara menggunakan media film animasi pada anak autis kelas III SD di SLB Rela Bhakti I Gamping. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi dengan guru kelas. Subjek penelitian ini adalah anak autis kelas III SD di SLB Rela Bhakti I Gamping. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan tes unjuk kerja. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media film animasi dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak autis kelas III SD di SLB Rela Bhakti I Gamping. Proses tindakan peningkatan kemampuan berbicara diawali dengan melakukan tes pra tindakan untuk megetahui kemampuan awal peserta didik sebelum diberikan tindakan pembelajaran menggunakan media film animasi. Hasil pra tindakan subjek AG menunjukkan perolehan nilai 55. Langkah-langkah pembelajaran menggunakan media film animasi yakni tahap perencanaan, melaksanakan tindakan proses pembelajaran, melaksanakan observasi proses pembelajaran sesuai dengan rencana proses pembelajaran yang telah dibuat peneliti dengan kolaborasi guru kelas dan refleksi untuk menganalisis data yang terkumpul dari hasil observasi dan tes hasil belajar. Pada tindakan siklus I terjadi peningkatan, nilai post test siklus I yang diperoleh adalah 70. Berdasarkan hasil refeksi siklus I, subjek belum mencapai KKM yang telah ditentukan oleh pihak sekolah. Pada siklus II dilakukan perbaikan tindakan yakni mengubah posisi guru dan siswa, melakukan pause, menutup serta mengunci pintu kelas. Perolehan nilai subjek pada siklus II menunjukkan peningkatan yakni 80.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 29 Aug 2016 01:53
Last Modified: 30 Jan 2019 10:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40716

Actions (login required)

View Item View Item