STUDI KOMPARASI TENTANG KETERAMPILAN MELAWAT DENGAN TONGKAT ANTARA SISWA TUNANETRA YANG TINGGAL DI RUMAH DENGAN YANG TINGGAL DI ASRAMA DI MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA

Anita, Yudhiastuti (2016) STUDI KOMPARASI TENTANG KETERAMPILAN MELAWAT DENGAN TONGKAT ANTARA SISWA TUNANETRA YANG TINGGAL DI RUMAH DENGAN YANG TINGGAL DI ASRAMA DI MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ANITA YUDHIASTUTI_12103241029.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji perbedaan keterampilan melawat dengan tongkat antara siswa tunanetra yang tinggal di rumah dengan yang tinggal di asrama di MTs Yaketunis Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian komparasi. Subyek penelitian yaitu tiga siswa tunanetra tipe buta total yang tinggal di rumah dan delapan siswa tunanetra tipe buta total yang tinggal di asrama di MTs Yaketunis Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan tes perbuatan dan observasi. Analisis data yang digunakan yakni statistik nonparametrik dengan tes U Mann-Whitney dan statistik deskriptif dengan nilai rata-rata (mean) untuk data kuantitatif serta analisis deskriptif untuk data kulitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan keterampilan melawat dengan tongkat antara siswa tunanetra yang tinggal di rumah dengan yang tinggal di asrama di MTs Yaketunis Yogyakarta. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan tes U Mann-Whitney diperoleh phitung sebesar 0,012, sehingga phitung lebih kecil dari =0,05 (phitung<) atau (0,012<0,05). Keterampilan melawat dengan tongkat siswa tunanetra yang tinggal di asrama lebih baik dibanding siswa yang tinggal di rumah di MTs Yaketunis Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dari rata-rata (mean) keterampilan melawat dengan tongkat siswa tunanetra yang tinggal di asrama sebesar 88,83, sedangkan mean keterampilan melawat dengan tongkat siswa tunanetra yang tinggal di rumah sebesar 68,97. Keterampilan melawat dengan tongkat siswa yang tinggal di asrama lebih baik dibanding siswa yang tinggal di rumah karena siswa yang tinggal di asrama mampu melawat dengan tongkat secara aman, efektif, efisien dan mandiri. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingginya keterampilan melawat dengan tongkat pada siswa yang tinggal di asrama yaitu sikap lingkungan yang memberikan kesempatan untuk melawat mandiri, kesiapan fisik baik, motivasi yang tinggi untuk melawat dengan tongkat dan tingginya intensitas penggunaan tongkat saat melawat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 29 Aug 2016 01:50
Last Modified: 30 Jan 2019 10:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40713

Actions (login required)

View Item View Item