UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERNYANYI MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT)PADA PADUAN SUARA SMP NEGERI 1 PANGKAH KABUPATEN TEGAL

widyasari, Restika Tri (2016) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERNYANYI MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT)PADA PADUAN SUARA SMP NEGERI 1 PANGKAH KABUPATEN TEGAL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI-RESTIKATW-12208241020.pdf
Restricted to Registered users only until 2026.

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendeskripsikan upaya peningkatan kemampuan bernyanyi menggunakan model Teams Games Tournaments pada paduan suara SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal. Pemilihan model tersebut karena model TGT memiliki keunggulan untuk melibatkan siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, dan membuat siswa lebih memahami materi dengan adanya tutor sebaya dalam kelompok belajar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: a) perencanaan, b) tindakan, c) observasi, dan d) refleksi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa peserta ekstrakurikuler paduan suara SMP Negeri 1 Pangkah sebanyak 42 responden. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian tes (Pre-test dan Post-test), observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penyajian data dalam penelitian ini melalui angka, tabel, dan grafik. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan cara mengolah skor aspek-aspek penilaian yang terdapat dalam penilaian tes praktek bernyanyi yang meliputi a) Intonasi, b) Artikulasi, c) Phrasering, d) Dinamik, dan e) Tempo. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata-rata pada paduan suara SMP Negeri 1 Pangkah menggunakan model TGT. Hasil tes kemampuan bernyanyi pada pra-tindakan menunjukan nilai rata-rata 45.36 dengan kriteria kurang. Setelah diberikan tindakan pada siklus I menunjukan hasil adanya peningkatan dengan nilai rata-rata 55.95 masuk kedalam kriteria cukup. Pada siklus II menunjukan adanya peningkatan kembali dengan nilai rata-rata 70.95 masuk kedalam kriteria baik. Nilai rata-rata anggota paduan suara mengalami peningkatan dari pra-tindakan ke siklus I sebesar 11%. Kemudian dari siklus I ke siklus II nilai rata-rata kembali mengalami peningkatan sebesar 15%. Pembelajaran menggunakan model TGT dapat meningkatkan kemampuan bernyanyi pada paduan suara SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 26 Aug 2016 02:44
Last Modified: 30 Jan 2019 10:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40707

Actions (login required)

View Item View Item