Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Cooperative Learning Type STAD (Student Teams Achievement Divisions) dengan TPS (Think-Pair-Share) Ditinjau dari Ketercapaian Kompetensi Dasar, Sikap dan Metode Matematika Siswa SMP (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Kartika VII-6 Kendari)

Syahrul, Syahrul (2011) Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Cooperative Learning Type STAD (Student Teams Achievement Divisions) dengan TPS (Think-Pair-Share) Ditinjau dari Ketercapaian Kompetensi Dasar, Sikap dan Metode Matematika Siswa SMP (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Kartika VII-6 Kendari). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-syahrul-09709251031.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran cooperative learning type STAD dan type TPS pada aspek ketercapaian kompetensi dasar, sikap, dan metode matematika siswa SMP dan 2) membandingkan keefektifan pembelajaran cooperative learning type STAD dengan TPS ditinjau dari ketercapaian kompetensi dasar, sikap, dan metode matematika siswa SMP. Penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent (Pretest and Posttest) group design. Penelitian tersebut menggunakan dua kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Kartika VII-6 Kendari dengan sampel penelitian dua kelas yang ditentukan dari seluruh kelas VIII dengan perlakuan kelas VIII.A berupa metode cooperative learning type STAD dan kelas VIII.B berupa metode cooperative learning type TPS. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes yaitu instrumen ketercapaian kompetensi dasar dan metode matematika, sedangkan instrumen nontes yaitu instrumen sikap dan metode matematika. Untuk menyelidiki keefektifan cooperative learning type STAD dan cooperative learning type TPS pada aspek ketercapaian kompetensi dasar, sikap, dan metode matematika siswa SMP, data dianalisis dengan uji one sample. Untuk menyelidiki perbedaan yang signifikan pada aspek ketercapaian kompetensi dasar, sikap dan metode matematika siswa yang menggunakan cooperative learning type STAD dan cooperative learning type TPS, data dianalisis dengan menggunakan uji T2 Hotelling. Membandingkan keefektifan metode cooperative learning type STAD dengan metode cooperative learning type TPS ditinjau dari ketercapaian kompetensi dasar, sikap maupun metode matematika siswa dilakukan dengan uji t. Uji normalitas yang digunakan adalah dengan pendekatan univariat yaitu uji Kolmogorov Smirnov, lalu dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan uji Box’M dan uji Levene’s test untuk menguji kesamaan matriks varians-kovarians. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. 1). Metode cooperative learning type STAD dan type TPS efektif ditinjau dari ketercapaian kompetensi dasar, sikap, dan metode matematika siswa SMP. 2). Metode cooperative learning type STAD lebih efektif dibanding metode cooperative learning type TPS terhadap ketercapaian kompetensi dasar, sikap, dan metode matematika siswa SMP.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran cooperative learning type STAD (Student Teams Achievement Divisions), pembelajaran cooperative learning type TPS (Think-Pair-Share), ketercapaian kompetensi dasar, sikap, metode matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2016 10:07
Last Modified: 29 Jan 2019 08:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40700

Actions (login required)

View Item View Item