Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Teams Game Turnamen (TGT) terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Matematika Siswa SMP (Studi eksperimen di SMP Pembangunan Piyungan)

Syahrir, Syahrir (2011) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Teams Game Turnamen (TGT) terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Matematika Siswa SMP (Studi eksperimen di SMP Pembangunan Piyungan). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-syahrir-09709251029.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan pembelajaran kooperatif tipe TGT pada aspek motivasi belajar maupun keterampilan matematika siswa kelas VII SMP Pembangunan Piyungan tahun pelajaran 2010/2011; dan 2) membandingkan keefektifan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT ditinjau dari motivasi belajar maupun keterampilan matematika siswa kelas VII SMP Pembangunan Piyungan tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent (Pretest and Posttest) group design. Penelitian tersebut menggunakan dua kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Pembangunan Piyungan yang terdiri dari tiga kelas. Sampel penelitian adalah dua kelas yang diambil secara acak dengan undian dari ketiga kelas tersebut. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes yaitu instrumen keterampilan matematika dan instrumen nontes yaitu instrumen motivasi belajar pada matematika. Untuk menyelidiki keefektifan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan pembelajaran kooperatif tipe TGT pada aspek motivasi belajar maupun keterampilan matematika siswa SMP, data dianalisis dengan uji one sample. Untuk menyelidiki perbedaan yang signifikan pada aspek motivasi belajar dan keterampilan matematika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan pembelajaran kooperatif tipe TGT, data dianalisis dengan menggunakan uji T2 Hotelling. Membandingkan keefektifan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT ditinjau dari motivasi belajar maupun keterampilan matematika siswa dilakukan analisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan TGT efektif ditinjau dari keterampilan matematika maupun motivasi belajar siswa SMP; 2) metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih efektif dibanding metode pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap motivasi belajar siswa maupun keterampilan matematika siswa SMP.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Turnamen (TGT), motivasi belajar, keterampilan matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2016 09:56
Last Modified: 29 Jan 2019 08:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40699

Actions (login required)

View Item View Item