EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOKS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR I DI SLB WIDYA MULIA PUNDONG BANTUL YOGYAKARTA

Ana, Fitriyanti (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOKS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR I DI SLB WIDYA MULIA PUNDONG BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ANA FITRIYANTI_12103241048.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media Big Books terhadap kemampuan membaca permulaan anak tunarungu kelas Dasar I di SLB Widya Mulia Pundong Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian subyek tunggal (Single Subject Research). Subyek penelitian yaitu satu orang anak tunarungu kelas Dasar I di SLB Widya Mulia Pundong Bantul Yogyakarta. Penelitian dilakukan dengan menggunakan desain penelitian A1–B–A2. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan tes kemampuan membaca permulaan dan observasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif berupa analisis visual grafik. Data yang diperoleh dianalisis melalui analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh yang positif penggunaan media Big Books terhadap kemampuan membaca permulaan. Ditunjukkan dengan data yang tumpang tindih (overlap) dalam analisis antar kondisi A1/B dan B/A2 sebesar 0% yang berarti semakin kecil presentase overlap menunjukkan semakin besar pengaruh terhadap target behavior. Hal ini juga didukung dengan adanya peningkatan skor kemampuan membaca yang diperoleh anak selama fase baseline-1, intervensi, dan baseline-2. Pada fase baseline-1 anak mendapatkan skor frekuensi 46,50, 50, dan 50. Pada fase intervensi dari pertemuan pertama hingga keenam mendapatkan skor frekuensi 60, 75, 88,75, 90, 91,25, dan 92,5. Pada fase baseline-2 anak mendapatkan skor frekuensi 95, 95, dan 96,25.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 25 Aug 2016 07:14
Last Modified: 30 Jan 2019 10:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40672

Actions (login required)

View Item View Item