KEEFEKTIFAN MEDIA DUA DIMENSI PAPAN MAGNETIK TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA TUNANETRA KELAS V DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA

Adi, Suseno (2016) KEEFEKTIFAN MEDIA DUA DIMENSI PAPAN MAGNETIK TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA TUNANETRA KELAS V DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ADI SUSENO_12103244051.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media dua dimensi papan magnetik terhadap penguasaan kosakata dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk siswa tunanetra kelas V di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Subjek penelitian yaitu lima siswa tunanetra kelas V di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Desain yang digunakan adalah one group pre test – post test design. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Analisis data tes hasil belajar menggunakan uji statistik non-parametrik berupa tes tanda (sign test) dan analisis data observasi menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media dua dimensi papan magnetik efektif terhadap penguasaan kosakata pada pembelajaran bahasa Inggris untuk siswa tunanetra kelas V di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan nilai tes hasil belajar penguasaan kosakata. Sebelum perlakuan, nilai rata-rata pre test kelima siswa tunanetra yaitu 36,5%, dan setelah diberikan perlakuan sebanyak tiga kali, nilai rata-rata post test kelima siswa tunanetra yaitu 80%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa adanya perubahan positif atau selisih antara pre test dan post test yaitu 43,5%. Hasil analisis data tes hasil belajar dengan menggunakan tes tanda (sign test) menunjukkan p tabel 0,031, sehingga p tabel lebih kecil daripada signifikansi yaitu 0,031 < 0,05. Kelima siswa tunanetra mampu menguasai keterampilan berbahasa Inggris dalam aspek menyimak, membaca, berbicara, dan menulis pada kata benda, kata kerja, kata ganti, dan kata sifat. Penggunaan media dua dimensi papan magnetik dalam pembelajaran bahasa Inggris meliputi persiapan, eksplorasi media, cara memanfaatkan media, proses kegiatan belajar mengajar dengan cara meraba dan menyusun hururf braille, dan penyimpanan media.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 25 Aug 2016 06:43
Last Modified: 25 Aug 2016 06:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40664

Actions (login required)

View Item View Item