PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS STRUKTUR KATA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TEKA TEKI SILANG BAGI SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR I DI SLB B.C BHAKTI PUTERA BAHAGIA KLATEN

Yudha, Tri Prasetya (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS STRUKTUR KATA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TEKA TEKI SILANG BAGI SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR I DI SLB B.C BHAKTI PUTERA BAHAGIA KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
YUDHA TRI PRASETYA_09103244033.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis struktur kata melalui media teka teki silang pada anak tunarungu di SDLB B.C Bhakti Putera Bahagia Klaten. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian terdiri dari dua siklus dan empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian merupakan anak tunarungu kelas dasar satu, yang berjumlah 1 anak. Penelitian dilakukan selama satu bulan dengan tekhnik pengumpulan data termasuk tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis struktur kata pada anak tunarungu di SDLB B.C Bhakti Putera Bahagia Klaten dapat ditingkatkan dengan media teka teki silang. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan, berupa peningkatan kemampuan dalam penguasaan penulisan konsep huruf, penguasaan penulisan kata ≤ 6 huruf, dan penguasaan penulisan kata ≥ 6 huruf. Selain itu, juga terjadi perubahan perilaku seperti kemauan menyimak pada saat pembelajaran, lebih aktif selama pembelajaran, dan lebih termotivasi seperti aktif bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan. Pada saat dilakukan test pra tindakan subjek belum mengerti apa yang harus dikerjakan, dan pada lembar soal masih dibantu dengan titik-titik berbentuk huruf. setelah diberi tindakan siklus 1 siswa mulai mengerjakan secara mandiri, tetapi belum belum memenuhi KKM, dilanjutkan dengan pemberian siklus 2. Hasil pencapaian sebelum penerapan media teka teki silang, nilai rata-rata subjek mencapai nilai 48,3 % pada (pre test), sedangkan setelah diberi perlakuan (post test) nilai rata rata mencapai 78,3%. Dengan demikian, diketahui bahwa subjek penelitian mengalami peningkatan nilai rata-rata sejumlah 30%. Dengan peningkatan nilai rata-rata 30% menunjukkan bahwa nilai peningkatan tersebut termasuk dalam kualifikasi baik. Hal Ini membuktikan bahwa kemampuan menulis strukutur kata dapat ditingkatkan melalui media teka teki silang pada anak tunarungu di SDLB B.C Bhakti Puteraahagia Klaten.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 25 Aug 2016 06:38
Last Modified: 30 Jan 2019 10:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40662

Actions (login required)

View Item View Item