PENGARUH MEDIA PERMAINAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF VOKAL PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS III SLB N SLEMAN

Rr. Ekanti, Prihartawati (2016) PENGARUH MEDIA PERMAINAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF VOKAL PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS III SLB N SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rr. EKANTI PRIHARTAWATI_10103244036.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media permainan puzzle terhadap kemampuan mengenal huruf vokal pada anak tuna grahita kategori sedang kelas III SLB N Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subjek Research (SSR). Desain penelitian yang digunakan yaitu desain A (baseline) - B (intervensi). Subjek penelitian merupakan seorang anak kelas III C1 SLB N Sleman. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan mengenal huruf vokal. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Komponen yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu analisis dalam kondisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif media permainan puzzle terhadap kemampuan mengenal huruf vokal pada anak tunagrahita kategori sedang. Pengaruh positif ditunjukkan dengan adanya perubahan positif subjek pada kemampuan mengenal huruf vokal, hal tersebut ditunjukkan dengan selisih skor sebesar 35,58%. Pada fase baseline DA mendapat rerata 54% sedangkan pada fase intervensi mendapatkan rerata 89,58%. Selain itu, durasi subjek dalam mengerjakan tugas pada waktu baseline hingga intervensi waktunya semakin pendek. Hal tersebut ditunjukkan pada baseline Subjek mendapatkan rerata 48 menit, sedangkan ketika intervensi mendapatkan rerata 37 menit. Adanya perubahan tersebut menunjukkan bahwa media permainan puzzle berpengaruh terhadap kemampuan mengenal huruf vokal pada anak tunagrahita kategori sedang kelas III SLB N Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 25 Aug 2016 06:31
Last Modified: 30 Jan 2019 10:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40661

Actions (login required)

View Item View Item