PELAKSANAAN PENDIDIKAN VOKASIONAL INDUSTRI BATIK DALAM MEMBERIKAN KETERAMPILAN KERJA TERHADAP NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK KELAS IIA KUTOARJO

Ricki, Dani Adhitya (2015) PELAKSANAAN PENDIDIKAN VOKASIONAL INDUSTRI BATIK DALAM MEMBERIKAN KETERAMPILAN KERJA TERHADAP NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK KELAS IIA KUTOARJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RICKI DANI ADHITYA_11103244032.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan vokasional industri batik di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas IIA Kutoarjo (sering disebut Lapas Kelas IIA Kutoarjo) diberikan kepada narapidana anak agar anak memiliki keterampilan dan mampu hidup mandiri. Penelitian ini bertujuan (1) mendiskripsikan proses pendidikan vokasional industri batik, (2) kelebihan dan kendala dalam pelaksanaan pendidikan vokasional industri batik terhadap narapidana anak di Lapas Kelas IIA Kutoarjo. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pembimbing kegiatan dan narapidana anak di Lapas Kelas IIA Kutoarjo. Obyek penelitian ini berupa pendidikan vokasional industri batik yang meliputi komponen proses pendidikan, pelaksanaan pendidikan vokasional industri batik serta kelebihan dan kendala di Lapas Kelas IIA Kutoarjo. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode analisis deskriptif, meliputi reduksi data, display data, dan pengambilan keputusan.Metode pemeriksaan keabsahaan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembuatan batik di Lapas Kelas IIA Kutoarjo sudah berjalan sesuai dengan fungsinya. Walaupun tidak terdapat kurikulum, tetapi pendidikan vokasional industri batik mampu berjalan dengan baik. Hasil dari proses pembelajaran vokasional industri batik adalah anak mampu membuat batik tulis, disamping itu secara kepribadian keterampilan kerjayang diperoleh adalah anak dapat berkomunikasi dengan sopan, berkerja sama, dan berkreasi. Kelebihan dari pendidikan vokasional industri batik di Lapas Kelas IIA Kutoarjo yaitu mengembangkan bakat, memberikan keterampilan kerja,memberi pengalaman, dan mengisi waktu luang. Kekurangan dari pendidikan vokasional industri batik di Lapas Kelas IIA Kutoarjo yaitu tim pengajar dan ruang kegiatan. Pelaksanaan pendidikan vokasional industri batik dilakukan setiap hari dengan keseluruhan kegiatannya praktek.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 25 Aug 2016 06:25
Last Modified: 30 Jan 2019 10:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40658

Actions (login required)

View Item View Item