PENINGKATAN PERBENDAHARAAN KATA ANAK TUNARUNGU PADA KELAS 1 MELALUI PEMBELAJARAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI SLB B WIYATA DHARMA 1 SLEMAN YOGYAKARTA

Rachmat, Hidayat (2015) PENINGKATAN PERBENDAHARAAN KATA ANAK TUNARUNGU PADA KELAS 1 MELALUI PEMBELAJARAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI SLB B WIYATA DHARMA 1 SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RACHMAT HIDAYAT_11103244031.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan perbendaharaan kata melalui pendekatan kontekstual siswa tunarungu kelas I di SLB B Wiyata Dharma 1 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas dan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart (1993: 32). Subjek penelitian yaitu 3 siswa tunarungu kelas dasar I SDLB. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes untuk mengukur tingkat keterampilan perbendaharaan kata subjek, teknik observasi untuk mengamati aktivitas siswa selama proses tindakan, dan teknik dokumentasi untuk menganalisa data pelengkap berupa foto dan catatan khusus. Analisis data deskripstif kuantitatif yang dilanjutkan dengan teknik komparatif, yaitu membandingkan hasil tes pra tindakan dan hasil tes pasca tindakan. Hasil dari tes pra tindakan subjek SLS mendapat skor 43,3%, subjek BDN mendapat skor 50% dan subjek ILM mendapatkan skor 60%. Hasil tes pasca tindakan siklus I yang dicapai salah satu subjek belum mampu memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan. Subjek SLS memperoleh nilai 60%, BDN memperoleh nilai 66,7% dan ILM memperoleh 76,7%. Peningkatan tersebut dilakukan dengan tindakan mengidentifikasi benda-benda di dalam dan luar kelas. Subjek BDN dan ILM telah melampui KKM dan SLS belum mencapai KKM. Setelah pelaksanaan siklus II, seluruh subjek telah mampu memenuhi KKM yang ditetapkan, yaitu sebesar 65. Subjek SLS memperoleh skor 70%, BDN memperoleh skor 80% dan ILM memperoleh skor 85%. Dengan tindakan mengidentifikasi bagian tubuh, menunjuk organ tubuh, menjodohkan kata dengan menunjuk organ tubuh dan mengucapkannya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan perbendaharaan kata dapat ditingkatkan melalui pendekatan kontekstual bagi siswa tunarungu kelas I di SLB B Wiyata Dharma 1 Sleman Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 25 Aug 2016 06:21
Last Modified: 30 Jan 2019 10:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40656

Actions (login required)

View Item View Item