FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEAKTIFAN BELAJAR ANAK TUNANETRA KURANG LIHAT (LOW VISION) KELAS 3 SEKOLAH DASAR DI SLB NEGERI 1 BANTUL

Oktaviana, Setyaningrum (2015) FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEAKTIFAN BELAJAR ANAK TUNANETRA KURANG LIHAT (LOW VISION) KELAS 3 SEKOLAH DASAR DI SLB NEGERI 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
OKTAVIANA SETYANINGRUM_10103241033.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab rendahnya keaktifan belajar anak tunanetra kurang lihat di SLB Negeri 1 Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deksriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah satu anak tunanetra kurang lihat. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yakni observasi dan wawancara. Teknik triangulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data berupa triangulasi sumber dari subjek, guru serta orang tua, dan triangulasi teknik pengambilan data. Adapun teknik yang digunakan untuk menganalisis data yakni deskriptif kualitatif dengan langkah meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dalam bentuk naratif kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan faktor rendahnya keaktifan belajar meliputi: 1. faktor internal: (a) trauma yang dialami subjek di sekolah terdahulu; (b) kurang memiliki minat belajar pada pelajaran Bahasa Indonesia, Agama, Kewarganegaraan. Subjek memiliki minat belajar pada mata pelajaran Matematika, IPA, musik, dan komputer karena tertarik dengan media belajar yang digunakan; (c) motivasi belajar rendah, dibuktikan dengan mudah menyerah dan tidak menyelesaikan soal yang diberikan; 2. faktor eksternal berupa: (a) hubungan subjek dengan teman bergaul, dibuktikan dengan subjek pernah dicubit dan penolakan untuk bermain dalam kelompok; (b) lebih tertarik pada media belajar konkret karena masih memiliki sisa penglihatan; (c) penerimaan orang tua berupa tindakan yang cenderung melindungi selama di sekolah sehingga kemandirian subjek kurang berkembang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 25 Aug 2016 03:57
Last Modified: 30 Jan 2019 10:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40646

Actions (login required)

View Item View Item