PENINGKATAN KETERAMPILAN ARTIKULASI MELALUI PENDEKATAN VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK, TAKTIL (VAKT) PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLB WIYATA DHARMA 1 TEMPEL

Ihwan, Salis Qoimudin (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN ARTIKULASI MELALUI PENDEKATAN VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK, TAKTIL (VAKT) PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLB WIYATA DHARMA 1 TEMPEL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
IHWAN SALIS QOIMUDIN_11103241051.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan artikulasi melalui pendekatan VAKT pada siswa tunarungu kelas dasar II di SLB Wiyata Dharma I, Tempel. Subjek penelitian merupakan seluruh siswa tunarungu kelas dasar II. Objek penelitian adalah keterampilan artikulasi. Pelaksanaan tindakan terdiri dua siklus yang dilaksanakan berkolaborasi dengan guru kelas. Siklus I terdiri 4 pertemuan, sedangkan siklus II dilaksanakan 2 pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes keterampilan artikulasi, observasi peran siswa dan guru dalam pembelajaran serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik komparatif yaitu membandingkan hasil pre test dan post test siklus I dan II. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan VAKT dalam pembelajaran bina wicara, siswa antusias mengikuti instruksi guru dan berperan aktif dalam mempraktekkan sekaligus memperbaiki kesalahan pengucapannya secara mandiri dengan menerapkan prinsip VAKT yang telah dipelajari. Hasil pretest keterampilan artikulasi seluruh siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan, yaitu 64. Setelah tindakan siklus I dilaksanakan, 3 siswa mengalami peningkatan meskipun belum mencapai KKM. Pada tindakan siklus II pembelajaran dimodifikasi dengan permainan ular tangga, menempel dan kuis. Hasilnya, seluruh siswa mengalami peningkatan nilai dan mencapai KKM 64 sebagai indikator keberhasilan tindakan dengan nilai tertinggi 76 diperoleh subjek APA dan nilai terendah diperoleh subjek HNVA dan AZT dengan nilai 64. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan pendekatan VAKT mampu meningkatkan keterampilan artikulasi khususnya pengucapan konsonan /k/ dan /ng/ pada siswa kelas dasar II di SLB Wiyata Dharma I, Tempel.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 25 Aug 2016 03:49
Last Modified: 30 Jan 2019 10:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40643

Actions (login required)

View Item View Item