KECAKAPAN SOSIAL TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR V DI SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA

None, Fariza Melda (2015) KECAKAPAN SOSIAL TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR V DI SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
NONE FARIZA MELDA_08103241027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya fenomena perilaku yang mengindikasikan bahwa anak tunagrahita ringan di SLB Negeri 2 Yogyakarta mempunyai kecakapan sosial yang rendah. Berdasarkan fenomena yang ada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kecakapan sosial pada aspek kecakapan berkomunikasi dan kecakapan sosial pada aspek bekerja sama pada siswa tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini berjumlah tiga orang siswa tunagrahita ringan. Penelitian dilakukan selama satu bulan. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan metode check dan recheck, yaitu dengan membandingkan hasil observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif dengan langkah reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecakapan sosial tunagrahita ringan pada aspek komunikasi kepada orang lain menunjukkan karakteristik yang berbeda pada ketiga subyek. Akan tetapi karakteristik dari ketiga subyek menunjukkan kecenderungan yang mengacu pada kurangya kemampuan berkomunikasi dengan orang lain. Hasil penelitian kecakapan sosial pada aspek kerja sama menunjukkan perilaku dengan karakteristik yang berbeda. Subyek pertama memiliki kemampuan kerjasama lebih baik dibandingkan dua sbyek lainnya. Dua subyek lainnya menunjukkan kurang mampu bekerjasama dengan baik. Kesimpulannya bahwa sekalipun ketiga subyek merupakan anak tunagrahita ringan, akan tetapi ada variasi kecakapan sosial yang ditunjukkan. Disarankan bagi pihak yang terkait yaitu kepala sekolah, guru, dan orangtua untuk lebih membimbing subyek untuk mengembangkan kecakapan sosial. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat membuat penelitian mengenai kecakapan sosial memalui metode yang lain.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 29 Aug 2016 02:37
Last Modified: 30 Jan 2019 10:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40639

Actions (login required)

View Item View Item