LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 SRANDAKAN

LINDA CANDRANINGRUM, LINDA CANDRANINGRUM (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 SRANDAKAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL LINDA SOSIOLOGI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Dengan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini, mahasiswa dapat mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran. Selain itu, dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai ke dalam pembelajaran di sekolah. Produktivitas tenaga kependidikan, khususnya calon guru, baik dari segi kualitas, maupun kuantitas tetap menjadi perhatian utama Universitas. Hal ini dapat ditunjukkan dengan adanya beberapa usaha pembaruan, peningkatan dalam bidang keguruan seperti: Pengajaran Mikro (micro teaching) dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Program PPL yang dilaksanakan di SMA N 1 Srandakan yang dalam pelaksanaannya meliputi observasi pra PPL, observasi sekolah, observasi kelas, persiapan mengajar, pembuatan RPP, pembuatan media pembelajaran, praktik mengajar, evaluasi pembelajaran, mengoreksi hasil evaluasi dan pekerjaan siswa. Serta, kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan untuk pembelajaran bagi siswa maupun bagi mahasiswa praktikan sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga pendidik dimasa mendatang. Dari kegiatan PPL yang dilaksanakan selama 2,5 bulan (dari tanggal 2 Juli 2014 sampai 17 September 2014), mahasiswa melakukan praktek mengajar di kelas XI dibawah bimbingan Ibu Elfiana Nurjannah, S. Ant. Praktikan mengajar sebanyak 10 kali dimana dalam setiap pertemuan terdiri dari 4x45 menit. Praktikan mengajar dengan berbagai macam metode seperti kalimat rusak, peta konsep, bowling, teka-teki sosiologi, dll.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Aug 2016 01:57
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40608

Actions (login required)

View Item View Item