PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK NEGERI 1 GODEAN

Alfiany Alim Imro’ah, Alfiany Alim Imro’ah (2014) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK NEGERI 1 GODEAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover Laporan.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar dan Daftar Isi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III dan daftar pustaka.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Program PPL Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu program wajib yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa program kependidikan. Tujuan dari diselenggarakannya program ini adalah untuk mempersiapkan lebih jauh terkait dengan Sumber Daya Pengajar yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan. Harapannya dengan diselenggarakannya program PPL ini mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman yang cukup untuk dijadikan bekal ketika kelak bergelut di dunia pendidikan yang sebenarnya. Salah satu tim PPL yang diterjunkan ke sekolah adalah tim PPL UNY di SMK Negeri 1 Godean yang terletak di Kowanan, Sidoagung, Godean, Sleman, Yogyakarta. Mahasiswa diharapkan dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga dan ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program sekolah. Melalui kegiatan tersebut akan tampak peran mahasiswa sebagai inovator, mediator sekaligus problem solver bagi sekolah. Kegiatan pelaksanaan PPL di mulai dari tanggal 1 Juli sampai dengan 22 September 2014. Tahap kegiatannya dimulai dengan observasi sekolah, perencanaan program, konsultasi program dengan pihak sekolah dan DPL dan penetapan program sebagai kegiatan terakhir. Adapun hasil pelaksanaan PPL yang ditempatkan di SMK Negeri 1 Godean ini antara lain mahasiswa dapat memberikan kontribusi pikiran dan tenaga kepada pihak sekolah. Namun demikian, masih terdapat hambatan-hambatan selama pelaksanaannya. Hambatan tersebut adalah pembagian waktu program PPL yang kurang terencana dan kurangnya koordinasi team. Program PPL ini selain menjadi wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi sebuah usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nila-nilai kependidikan kepada sekolah yang bersangkutan. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan mahasiswa selama PPL, tetapi juga dapat melakukan transfer of value, karena sedikit-banyak mahasiswa dapat berperan dan mengisi kekosongan yang ada pada sekolah tersebut. Sehingga keberadaan mahasiswa UNY di sekolah-sekolah diharapkan dapat mengukir “prasasti-prasasti amal” yang mampu dijadikan rujukan bagi masa depan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Aug 2016 02:21
Last Modified: 01 Oct 2019 11:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40607

Actions (login required)

View Item View Item