Pengembangan Comprehensive and Contextual Physics Teaching Materials (CCPTM) untuk Meningkatkan Higher-Order Thinking Skills (HOTS) dan Pencapaian Level 2 KKNI Aspek Keterampilan Siswa SMA

Septa, Holil (2016) Pengembangan Comprehensive and Contextual Physics Teaching Materials (CCPTM) untuk Meningkatkan Higher-Order Thinking Skills (HOTS) dan Pencapaian Level 2 KKNI Aspek Keterampilan Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-holil-septa-14726251020.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui nilai kelayakan comprehensive and contextual physics teaching material secara teoritis dan empiris dalam meningkatkan higher order thinking skills dan pencapaian keterampilan level 2 Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. (2) untuk mengetahui keefektifan comprehensive and contextual physics teaching material dalam meningkatkan higher-order thinking skills, (3) untuk mengetahui keefektifan comprehensive and contextual physics teaching material dalam pencapaian keterampilan level 2 Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia dan (4) untuk mengetahui perbedaan antara kelas yang menggunakan comprehensive and contextual physics teaching material dengan kelas menggunakan bahan ajar konvensional. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Ploom. Desain pengembangan tersebut dikelompokkan atas lima prosedur pengembangan, yang meliputi: (a) investigasi awal, (b) desain, (c) realisasi konstruksi, (d) tes, evaluasi dan revisi, dan (e) implementasi. Subjek uji coba terbatas adalah SMA N 1 Membalong dengan XI IPA 1 (kelas ekperimen) dan kelas XI IPA 2 (kelas kontrol). Subjek uji coba lapangan adalah sekolah SMA N 1 Tanjungpandan dan SMA N 1 Manggar. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, lembar penilaian tes unjuk kerja dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan gain, manova dan KKM dengan taraf signifikasi 0,05. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa bahan ajar fisika yang berupa CCPTM menurut secara teoritis dari segi komponennya berkategori “baik” sedangkan dari segi penyajian materi berkategori “sangat baik”sedangkan secara empiris respon siswa terhadap CCPTM selama pembelajaran fisika mendapatkan nilai 3 yang artinya siswa memberikan sikap positif terhadap CCPTM dengan berkategori ‘menarik’. Penerapan CCPTM pada kelas ekeperimen efektif dalam meningkatkan hots, hal ini ditunjukkan dari nilai gain berkategoti ‘sedang’ sedangkan nilai keterampilan level 2 KKNI sudah melampaui KKM sebesar 70. Terdapat perbedaan yang signitifikan antara kelas yang menggunakan CCPTM dengan kelas yang menggunakan bahan ajar konvensional

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: CCPTM, KKNI, higher – order thinking skills, keterampilan level 2 KKNI
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Aug 2016 01:56
Last Modified: 09 May 2019 07:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40605

Actions (login required)

View Item View Item