Suryanti, Suryanti (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 1 GODEAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
COVER, PENGESAHAN, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, ABSTRAK LAPORAN PPL.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I, II, III, DAFTAR PUSTAKA LAPORAN PPL.pdf Download (216kB) | Preview |
Abstract
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta sebagai suatu kegiatan latihan kependidikan yang bersifat intrakurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa program studi kependidikan. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional yang siap memasuki dunia pendidikan dengan berbagai keilmuan dan pegalaman yang di dapat ketika mengajar di lapangan. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan managerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan keguruan. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2014 ini adalah di lingkungan masyarakat sekolah, yaitu masyarakat SMK Negeri 1 Godean. Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa selama pelaksanaan PPL meliputi praktik mengajar. Kegiatan PPL dimulai pada tanggal 1 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Mata pelajaran yang diampu oleh penulis adalah korespondensi dengan materi pembelajaran terkait dasar-dasar komunikasi kantor dengan mengampu sebayak 3 kelas yaitu kelas X AP1, X AP2, dan X AP3. Total jam pelajaran yang diampu penulis selama 1 minggu adalah 15 jam pelajaran . Di mana mahasiswa terjun langsung bertatap muka di kelas dengan siswa sebagai guru. Dengan diterjunkannya mahasiswa di lingkungan masyarakat sekolah, diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman tentang pelaksanaan proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan atau kependidikan, sehingga mahasiswa dapat menggunakan pengalamannya sebagai bekal untuk membentuk keprofesionalannya ketika menjadi guru nantinya. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan oleh setiap mahasiswa dapat berjalan dengan baik. Adapun hambatan yang muncul lebih karena pengkondisian yang kurang maksimal dan pengalokasian waktu yang kurang tepat. Tetapi praktikan selalu berusaha untuk meminimalisir hambatan yang terjadi, sehingga program PPL dapat terlaksana dengan baik. Kegiatan PPL yang dilaksanakan selama 2,5 bulan tersebut memberi banyak manfaat bagi mahasiswa yaitu menambah pengalaman, ilmu pengetahuan, dan wawasan mengenai proses pembelajaran di sekolah dan bentuk interaksi antar warga sekolah. praktikan mendapat bekal pengalaman dan gambaran yang nyata tentang kegiatan-kegiatan dalam dunia kependidikan. Adanya kerjasama, kerja keras, kedisiplinan, tenaga, dana dan waktu sangat mendukung terlaksanannya program PPL sehingga program kerja PPL ini dapat berjalan dengan baik.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 24 Aug 2016 02:19 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40554 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |