LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI: SMAN 1 IMOGIRI

Yuliyanti, Yuliyanti (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI: SMAN 1 IMOGIRI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. bagian muka.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB 1,2,3.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan usaha nyata dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dalam usaha peningkatan kualitas tenaga pendidik generasi muda. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan latihan kependidikan yang dilaksanakan oleh mahasiswa UNY yang mencakup segala tugas-tugas kependidikan, untuk membentuk calon tenaga kependidikan yang potensial, yang mampu menciptakan situasi dan kondisi dimana peserta didik dapat belajar secara bermakna. Program PPL di SMAN 1 Imogiri, dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2014 sampai 17 September 2014. Pelaksanaan kegiatan PPL yang dilakukan sebelum proses pembelajaran antara lain pembuatan perangkat pembelajaran yang meliputi analisis jam efektif, program tahunan, program semester, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan media dan instrumen penilaian. Kegiatan mengajar dilakukan di kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2. Praktik mengajar dikelas dilaksanakan mulai 7 Agustus 2014 hingga 11 September 2014 terhitung 20 kali pertemuan. Program dapat terlaksana dengan baik karena kerja sama yang terjalin antara mahasiswa PPL, guru dan pihak sekolah. Dari serangkaian kegiatan PPL di SMA N 1 Imogiri pada bulan Juli-September hasilnya dapat dirasakan oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing. Dengan pelaksanaan PPL, mahasiswa memperoleh pengalaman dan pengetahuan dibidang kegiatan pembelajaran dan pengalaman dibidang pelaksanaan tugas administrasi persekolahan. Selain itu mahasiswa juga belajar menjalin komunikasi yang baik antar sesama mahasiswa maupun dengan lembaga sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, peserta didik, RPP
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 24 Aug 2016 01:57
Last Modified: 01 Oct 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40546

Actions (login required)

View Item View Item