LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 IMOGIRI

Alfiana Monika Sari, Alfiana Monika Sari (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 IMOGIRI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL UNY 2014 FIX.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Program kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program di Universitas Negeri Yogyakarta bagi mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan kependidikan dalam mengamalkan ilmu yang telah didapat di bangku kuliah untuk diterapkan secara nyata di lingkungan sekolah. Tujuan dari kegiatan PPL adalah untuk memberikan pengalaman faktual bagi mahasiswa dalam pengabdian pada sekolah sebagai bekal kehidupan yang akan dating, mendewasakan cara berpikir dan meningkatkan daya penalaran mahasiswa dalam melakukan penelaahan, perumusan dan pemecahan masalah pendidikan yang ada di sekolah. Program PPL di SMA Negeri 1 Imogiri, dilaksanakan pada tanggal 2 Juli sampai 17 September 2014. Pelaksanaan kegiatan PPL yang dilakukan sebelum proses pembelajaran antara lain pembuatan perangkat pembelajaran yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan media dan instrumen penilaian koginitif maupun afektif. Kegiatan mengajar dilakukan di kelas X MIA 2, X MIA 3, dan X IIS 1. Praktik mengajar di kelas dilaksanakan mulai 7 Agustus 2014 hingga 11 September 2014. Program dapat terlaksana dengan baik karena kerja sama yang terjalin antara mahasiswa PPL, guru, dan pihak sekolah. Dari serangkaian kegiatan PPL di SMA N 1 Imogiri pada bulan Juli hingga September hasilnya dapat dirasakan oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan, dalam hal ini Biologi. Dengan pelaksanaan kegiatan PPL yang telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Imogiri memberikan pengalaman untuk mahasiswa menjadi seorang guru atau tenaga kependidikan dengan segala tuntutannya, seperti persiapan administrasi pembelajaran, persiapan materi, dan persiapan mental untuk mengajar peserta didik di kelas. Praktik pengalaman lapangan dapat menambah rasa percaya diri, memupuk kedisiplinan dan menumbuhkan loyalitas terhadap profesi guru dan tenaga kependidikan bagi mahasiswa Selain itu mahasiswa juga belajar menjalin komunikasi yang baik antar sesama mahasiswa maupun dengan lembaga sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, praktik mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 24 Aug 2016 01:01
Last Modified: 01 Oct 2019 11:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40514

Actions (login required)

View Item View Item