[Ringkasan Skripsi] Strategi Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM dalam Pengembangan Industri Kreatif Batik di Kota Pekalongan

Fadlilah, Nur Istikhatu (2016) [Ringkasan Skripsi] Strategi Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM dalam Pengembangan Industri Kreatif Batik di Kota Pekalongan. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Ringkasan Skripsi)
Ringkasan Skripsi 12417141001.swf

Download (199kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM dan mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pengembangan industri kreatif batik di Kota Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapatkan dari hasil wawancara dengan informan penelitian dan data sekunder yang berupa literatur dan dokumen-dokumen resmi. Instrumen penelitian adalah diri peneliti sendiri yang dalam pelaksanaannya menggunakan alat bantu berupa pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber, sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Disperindagkop dan UMKM dalam pengembangan industri kreatif batik di Kota Pekalongan yaitu meningkatkan daya saing produk UMKM melalui peningkatan produktivitas yang berbasis produk unggulan daerah, berdaya saing global dan berorientasi ekspor, menjadikan industri batik sebagai salah satu prioritas program pemerintah yang harus dikembangkan, pengembangan jejaring (networking) kerja antara pemerintah, dunia usaha dan berbagai pemangku kepentingan, meningkatkan mutu dan kualitas produk industri kreatif batik, meningkatkan kredibilitas kelembagaan koperasi dan UMKM dalam mengakses peluang pendanaan pada lembaga perbankkan maupun non perbankkan, meningkatkan penggunaan bahan baku lokal dan penggunaan produk dalam negeri untuk mendorong daya saing produk, dan memanfaatkan teknologi modern dan kearifan lokal untuk meningkatkan daya saing produk unggulan daerah. Strategi tersebut telah dilaksanakan dengan baik ke dalam beberapa program kegiatan dengan anggaran dan prosedur kerja yang telah ditentukan serta dengan memanfaatkan kolaborasi antara cendekiawan, pelaku bisnis dan pemerintah. Sedangkan hambatan dalam pelaksanaan strategi tersebut meliputi hasil pelatihan kurang tersampaikan dan tidak bisa diterima oleh banyak perajin batik, kurangnya perhatian generasi muda pada perbatikan, dan banyak pengrajin yang gagap teknologi. Kata kunci : Strategi, Pengembangan, Industri kreatif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Administrasi Publik
Depositing User: Admin Administrasi Negara FIS
Date Deposited: 24 Aug 2016 00:41
Last Modified: 30 Jan 2019 10:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40505

Actions (login required)

View Item View Item