LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Feris Hanafi, Feris Hanafi (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL_11504244003_Feris Hanafi_PT Otomotif.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Program ini bertujuan agar mahasiswa bisa mendapatkan ilmu baru yang tentunya tidak didapatkan di bangku perkuliahan. Serta mengembangkan dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah, untuk diterapkan dalam kehidupan nyata khususnya di lembaga pendidikan formal, lembaga pendidikan non formal. Pelaksanaan program PPL dimulai dari tanggal 2 Juli 2014 sampai 13 September 2014 di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Pelaksanaan diisi dengan observasi kelas, konsultasi, pembuatan administrasi guru (perhitungan minggu efektif, membuat daftar hadir, membuat agenda harian guru, analisis SK-KD, membuat RPP, membuat materi ajar dan membuat media pembelajaran), praktik mengajar dan evaluasi. Dalam praktik mengajar, kelas yang diampu adalah kelas XI TKR1, XI TKR 3, XI TKR 4 dan XII TKR 2 dengan total jam pertemuan dikelas adalah 144 jam. Evaluasi meliputi pembuatan soal praktikum dan teori serta pembuatan tugas untuk siswa. Secara keseluruhan Program PPL dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Pada realisasinya kegiatan berjalan sesuai dengan target yang sudah direncanakan. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung. Dari program PPL yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Bantul dapat berjalan dengan baik. Dalam pelaksanaanya praktikan dituntut untuk membuat RPP dan Jobsheet untuk 2 mata pelajaran yaitu Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif dan Chasis. Dalam pelaksanaanya, program PPL di SMK Muhammadiyah 1 Bantul terdapat beberapa hambatan, salahsatunnya adalah kurangnya kreatifitas siswa dalam mencerna pelajaran. Hal ini mempengaruhi terhadap output pembelajaran dimana siswa tidak mampu mengembangkan ilmu yang disampaikan saat pembelajaran. Selain itu juga terlihat dari hasil evaluasi harian, dimana terdapat banyak siswa yang tidak mencapai nilai ketuntasan minimas yang ditetapkan oleh sekolah sebesar 78.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2014, SMK Muhammadiyah 1 Bantul, TKR
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Aug 2016 06:34
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40486

Actions (login required)

View Item View Item