LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Zaim Lathiif, Zaim Lathiif (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL_11504241003_Zaim Lathif_PT Otomotif.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1 Kependidikan, yang pelaksanaannya dilakukan disebuah institusi pendidikan dalam hal ini sekolah. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependididikan yang memiliki nilai sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang profesional. Kegiatan PPL ini juga bertujuan untuk menyiapkan dan membekali mahasiswa untuk memasuki realita dunia kependidikan. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi tahap pembekalan, penerjunan, dan praktik mengajar. Pelaksanaan program PPL dimulai dari tanggal 2 Juli 2014 sampai 17 September 2014. Pelaksanaan program diisi dengan observasi kelas, konsultasi, pembuatan administrasi guru (perhitungan minggu efektif, membuat daftar hadir, membuat agenda harian guru, membuat RPP, membuat materi ajar dan membuat media pembelajaran), praktik mengajar dan evaluasi. Dalam praktik mengajar, kelas yang diampu adalah kelas XI TKR1, XI TKR 2, XI TKR 3 dan XI TKR 4 dengan mata pelajaran Motor dan Kelistrikan. Pembelajaran ini dilakukan selama 27 kali pertemuan. Pembelajaran terbagi menjadi pembelajaran teori dan praktik. Evaluasi meliputi pembuatan soal praktikum dan teori serta pembuatan tugas untuk siswa. Pada realisasinya kegiatan berjalan sesuai dengan target yang sudah direncanakan. Hasil dari kegiatan PPL ini mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di perkuliahan, terutama dalam mengajar di kelas dan penguasaan kelas. Selain itu, juga dapat membuat administrasi guru dan nilai dari siswa semua kelas XI TKR 90% lulus dan 10% lulus dengan perbaikan dari KKM yang ditetapkan pihak sekolah yaitu 78. Dalam pelaksanaan kegiatan PPL ini tidak terlepas dari hambatan-hambatan, namun hambatan tersebut dapat teratasi dengan manajemen yang lebih baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2014, SMK Muhammadiyah 1 Bantul, TKR
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 23 Aug 2016 06:19
Last Modified: 23 Aug 2016 06:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40483

Actions (login required)

View Item View Item