LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 1 SEWON BANTUL

Cory Wahyuningsih, Cory Wahyuningsih (2014) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 1 SEWON BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cory Wahyuningsih - PPL SMA N 1 Sewon Bantul 2014.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kegiatan praktikum pengalaman lapangan (PPL) merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan untuk mengasah kemampuan, pengetahuan dan keterampilan mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik yang profesional. Pelaksanaan PPL diharapkan seluruh mahasiswa dapat memperoleh pengalaman serta dapat mempraktikkan seluruh teori-teori yang diperolehnya selama kuliah ke dalam kondisi yang nyata, yakni di sekolah-sekolah tempat pelaksanaan PPL, sebelum para mahasiswa dinyatakan lulus dan benar-benar terjun ke dunia kependidikan yang sesungguhnya. Kegiatan PPL dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sewon Bantul mulai tanggal 1 Juli 2014 hingga tanggal 17 September 2014. Adapun kegiatan yang dilaksanakan selama PPL selain kegiatan pokok turut serta dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM) adalah kegiatan-kegiatan yang melingkupi kegiatan penunjang keprofesian guru seperti turut serta dalam setiap agenda-agenda kegiatan yang dilaksanakan oleh guru maupun para siswa. Hasil observasi yang dilakukan sebelum pelaksanaan PPL, diperoleh beberapa data terkait analisis situasi dan kondisi sekolah yang secara garis besar mengungkapkan bahwa SMA Negeri 1 Sewon Bantul yang beralamat di Jalan Parangtritis KM. 05 Sewon, Bantul dari segi kondisi fisik memiliki berbagai sarana dan prasarana yang diantaranya berupa akses wifi gratis, LCD, Soundsystem, Kipas Angin, dan lain sebagainya yang telah terpasang dan terhubung diseluruh ruangan kelas dan labolatorium. Sedangkan ditinjau dari segi non fisik berupa input siswa dan guru SMA Negeri 1 Sewon Bantul merupakan sekolah favorit dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimlikinya merupakan SDM yang berkualitas dan sangat memungkinkan sekali menunjang dalam segala bentuk proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu, kegiatan non akademik berupa kegiatan intra dan ekstrakurikuler sekolah sangat didukung dan difasilitasi sepenuhnya oleh pihak sekolah, berupa ruangan dan alat-alat penunjang sebagai wadah untuk meningkatkan kemampuan daya kreatifitas siswa-siswa dalam mengembangkan potensi, minat dan bakat mereka. Selama proses kegiatan PPL, penulis didampingi oleh Bapak Drs. Sudiyono selaku guru bahasa Jerman dan sekaligus sebagai guru pendamping. Penulis mendapatkan pembagian tugas mengajar kelas X MIA 1, X MIA 2, dan X MIA 3. Selain itu, penulis juga mengajar kelas X MIA 4 karena jam mengajar bahasa Jerman di SMA terhitung sedikit, sehingga penulis berusaha untuk menambah jam mengajar di kelas lain yang bukan kelas bagian tugas mengajar dari penulis. Berdasarkan hal tersebut, secara keseluruhan maka penulis telah memperoleh pengalaman mengajar sejumlah 9 kali tatap muka. Pelaksanaan PPL ini dapat berjalan dengan baik berkat kerjasama semua pihak, yaitu mahasiswa, guru pembimbing dan seluruh warga sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Aug 2016 02:28
Last Modified: 01 Oct 2019 11:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40421

Actions (login required)

View Item View Item