Pengembangan Media Pembelajaran Simulator Lift Berbasis PLC Omron Pada Mata Pelajaran Instalasi Mesin Listrik Kelas XII SMK N 1 Magelang

Rizki W, Hermawan (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Simulator Lift Berbasis PLC Omron Pada Mata Pelajaran Instalasi Mesin Listrik Kelas XII SMK N 1 Magelang. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Simulator Lift Berbasis PLC Omron Pada Mata Pelajaran Instalasi Mesin Listrik Kelas XII SMK N 1 Magelang Oleh: Hermawan Rizki W NIM. 12501241047 ABSTRAK Tujuan Penelitian ini untuk: (1) Mengetahui rancang bangun media pembelajaran Simulator Lift Berbasis PLC Omron Untuk Mata Pelajaran Instalasi Mesin Listrik Kelas XII SMK N 1 Magelang, dan (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran simulator lift berbasis PLC Omron untuk mata pelajaran instalasi motor listrik kelas XII SMK Negeri 1 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan metode ADDIE menurut Robert Branch yang meliputi: (1) analyze (analisis), (2) design (perancangan), (3) develope (pengembangan), (4) implement (implementasi), (5) evaluate (evaluasi). Instrumen yang digunakan adalah angket dengan menggunakan empat pilihan jawaban untuk siswa dan empat pilihan jawaban untuk ahli. Validitas yang digunakan adalah berdasarkan pendapat dari dua ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Rancang bangun simulator lift berbasis PLC Omron bias digunakan pendekatan metode ADDIE menurut Robert Branch; (2) Kelayakan media pembelajaran simulator lift ditinjau dari ahli materi mendapatkan skor 80.83% dari persentase maksimum sebesar 100% dan dikategorikan “layak”. Ditinjau dari ahli media mendapatkan skor 85.12% dari persentase maksimum sebesar 100% dan dikategorikan “layak”. Pada pilot test mendapatkan skor 80.62% dari persentase maksimum sebesar 100% dan dikategorikan “layak”. Uji pengguna dinilai berdasarkan angket yang di isi oleh 20 siswa dan hasil dari uji pengguna ini mendapatkan skor 84.89% dari persentase maksimum sebesar 100% dan dikategorikan “layak”. Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, ADDIE, Simulator Lift, PLC Omron

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Aug 2016 01:58
Last Modified: 30 Jan 2019 10:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40405

Actions (login required)

View Item View Item