PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER ILMIAH SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 JETIS BANTUL

Yustiana, Iis Aida (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER ILMIAH SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 JETIS BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
IIS AIDA YUSTIANA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa siklus yang diperlukan untuk meningkatkan pemahaman konsep, mengetahui karakter ilmiah apa saja yang muncul dalam pembelajaran, dan mengetahui berapa siklus yang diperlukan untuk mengembangkan karakter ilmiah siswa dengan menerapkan model pembelajaran PBL pada materi sistem pencernaan di kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Jetis Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA 4 sebanyak 32 siswa tahun ajaran 2015/2016. Desain penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan PBL, dan karakter ilmiah, lembar soal tes, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistika deskriptif. Kriteria keberhasilan pemahaman konsep siswa adalah apabila 75% dari seluruh siswa dalam kelas mendapat nilai posttest ≥ 75 dan perhitungan gain score masuk kriteria sedang atau tinggi. Kriteria keberhasilan karakter ilmiah siswa adalah setiap siswa minimal mencapai kategori Mulai Berkembang (MB) dan Mulai Konsisten (MK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL selama dua siklus dapat meningkatkan pemahaman konsep dan mengembangkan karakter ilmiah siswa pada materi sistem pencernaan. Pemahaman konsep siswa meningkat pada siklus II yang ditandai dengan persentase ketuntasan pada posttest yaitu 96% dan perhitungan gain score menunjukkan bahwa 62,50% siswa termasuk kriteria tinggi. Siklus I ada enam karakter yang muncul yaitu karakter kerja keras, toleransi, gemar membaca, jujur, disiplin, dan tanggung jawab. Siklus II meningkat menjadi delapan karakter yang muncul dalam pembelajaran. Hal tersebut bisa dilihat bahwa semua karakter ilmiah yang diidentifikasi masuk kategori Mulai Berkembang dan Mulai Konsisten. Kata kunci: karakter ilmiah, PBL, pemahaman konsep

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 23 Aug 2016 02:47
Last Modified: 30 Jan 2019 10:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40389

Actions (login required)

View Item View Item