KINERJA GURU JURUSAN TEKNIK KONSTRUKSI KAYU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA PELAKSANAAN RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) DI SMK N 2 PENGASIH

Singgih, Kurniadi Isnanto (2016) KINERJA GURU JURUSAN TEKNIK KONSTRUKSI KAYU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA PELAKSANAAN RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) DI SMK N 2 PENGASIH. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Singgih Kurniadi I 08505245005.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

KINERJA GURU JURUSAN TEKNIK KONSTRUKSI KAYU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA PELAKSANAAN RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) DI SMK N 2 PENGASIH Oleh : Singgih Kurniadi Isnanto 08505245005 ABSTRAK Dewasa ini, program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional menjadi salah satu program yang diunggulkan pemerintah. Berdasar pada SK DPSMK 4294/C5.3/Kep/KU/2009, SMKN 2 Pengasih dipercaya oleh pemerintah untuk dapat melaksanakan program RSBI tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana kinerja guru konstruksi kayu dalam proses pembelajaran pada pelaksanaan program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di SMK N 2 Pengasih. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Konstruksi Kayu SMK Negeri 2 Pengasih Kulon Progo. Penelitian ini tergolong Penelitian survey, yakni penelitian yang bersifat alamiah (bukan buatan), namun penelitia dapat memberi perlakuan dalam mengumpulkan data. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan 3 macam angket atau kuesioner kepada siswa yang berjumlah 83 orang, guru kejuruan yang berjumlah 10 orang dan kepala jurusan. Analisa yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara umum, berdasarkan penelitian yang dilakukan kepada siswa, guru, dan kepala jurusan, kinerja guru program keahlian teknik konstruksi kayu di SMK N 2 Pengasih Kulon Progo dalam proses pembelajaran dan pencapaian Indikator Kinerja Kunci Tambahan dalam pelaksanaan program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional adalah baik. Namun demikian dari data penelitian ditemukan syarat-syarat Sekolah Bertaraf Internasional dalam meningkatkan kualitas berbahasa inggris dan meningkatkan pendidikan ke jenjang Strata2 (S2) dan atau Strata 3 (S3) belum terpenuhi. Sedangkan ketercapaian sertifikasi profesi pendidik guru jurusan teknik konstruksi kayu sebesar 70 %. Kata Kunci : Kinerja Guru, Proses Pembelajaran, RSBI

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 23 Aug 2016 01:08
Last Modified: 30 Jan 2019 10:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40370

Actions (login required)

View Item View Item