LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI : SMP NEGERI II BANTUL Jalan Raya Bantul nomor 2/III Bantul, 55702 telp(0274)367561

Triastuti Mahmudah, Triastuti Mahmudah (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI : SMP NEGERI II BANTUL Jalan Raya Bantul nomor 2/III Bantul, 55702 telp(0274)367561. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Triastuti Mahmudah_Pend.Bahasa Indonesia_11201244033.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan ke dalam lingkungan pendidikan, formal maupun non formal. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa didepan dan diluar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun ke dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMP Negeri 2 Bantul tepatnya di Jalan Raya Bantul No. 2/III Bantul ini dimulai pada tanggal 2 Juli 2014 dan diakhiri pada tanggal 17 September 2012. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Dalam kegiatan pembelajaran perlu melakukan persiapan, diantaranya pembuatan RPP, bahan ajar, serta media pembelajaran. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Dalam kegiatan PPL di SMP N 2 Bantul, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar di kelas VII yaitu kelas VII C , VII D , VII E, VII F. Penyusun mempunyai jadwal sesuai kesepakatan dengan guru pembimbing mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan adanya kegiatan PPL di harapkan dapat memberikan pengalaman secara nyata bagi praktikan. Pengalaman ini dijadikan proses pembelajaran bagi mahasiswa sebagai calon guru dan dapat meningkatkan serta mengembangkan diri. Keberhasilan pelaksanaan PPL ini hendaknya ditindak lanjuti oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan cara mempertahankan dan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan SMP Negeri 2 Bantul, agar kegiatan PPL selanjutnya akan lebih baik dan lebih menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi warga sekolah, siswa dan mahasiswa praktikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktek Pengalaman lapangan (PPL), SMP Negeri 2 Bantul
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Aug 2016 06:26
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40319

Actions (login required)

View Item View Item