Wagiran, Dr. and Bambang, Ruwanto (2016) IMPLEMENTASI SEKOLAH ADIWIYATA BERBASIS KEARIFAN LOKAL HAMEMAYU HAYUNING BAWANA. In: Seminar Nasional 2016, 26-27 April 2016, UNY.
|
Text
Prosiding Seminar Nasional LPPM UNY 2016 rev_7.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model sekolah adiwiyata berbasis nilai-nilai kearifan lokal. Penelitian dirancang menggunakan pendekatan Research and Development. Penelitian ini difokuskan kepada: (1) uji coba dan uji efektifitas model, (2) evaluasi, revisi, dan penyempurnaan model, dan ( 3) pengemasan model dalam bentuk buku panduan dan perangkat model. Sumber data dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, siswa, ahli pendidikan, lingkungan, kesehatan dan budaya. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi sekolah adiwiyata memiliki empat komponen utama yaitu Kebijakan Berwawasan Lingkungan, Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan, Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif, dan Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan; dan (2) Implementasi sekolah adiwiyata berbasis kearifan lokal hamemayu hayuning bawana dimulai dari sosialisasi, perumusan model imlementasi, implementasi pada empat aspek, dan evaluasi. Telah ditemukan model sekolah adiwiyata berbasis kearifan lokal hamemayu hayuning bawana yang terbukti efektif dalam menumbuhkan karakter cinta lingkungan.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information: | Prosiding Seminar Nasional 2016 |
Uncontrolled Keywords: | sekolah adiwiyata, kearifan lokal, cinta lingkungan, pemanasan global |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 03:50 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 03:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40295 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |