MODEL PEMBENTUKAN/PENDIDIKAN KARAKTER KEBANGSAAN MELALUI CARA MEMILIH PRODUK PADA ANAK USIA DINI DI DIY

Anang Priyanto, M.Hum and Pratiwi, Wahyu W and Lies, Endarwati, M.Si. (2016) MODEL PEMBENTUKAN/PENDIDIKAN KARAKTER KEBANGSAAN MELALUI CARA MEMILIH PRODUK PADA ANAK USIA DINI DI DIY. In: Seminar Nasional 2016, 26-27 April 2016, UNY.

[img]
Preview
Text
Prosiding Seminar Nasional LPPM UNY 2016 rev_5.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya yang telah dilakukan orangtua dalam membentuk karakter kebangsaaan pada anak usia dini, perilaku orangtua anak usia dini dalam memilih produk untuk kebutuhan sehari -hari dan untuk kebutuhan anak usia dini serta mengembangkan model pembentukan karakter kebangsaan melalui pemilihan produk pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan metode Mixed Method. Populasi penelitian adalah keluarga yang mempunyai anak usia sampai dengan 6 tahun sebagai warga Daerah Istimewa Yogyakarta dengan sampel penelitian menggunakan multystage sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi , angket, dan FGD. Validitas angket menggunakan construct validity dan content validity, sedangkan validitas data menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan metode Mixed Method dengan Stategi Eksplanatoris Sekuensial. Hasil penelitian ini adalah: t ingkat kepandaian orangtua dalam memilih produk Indonesia sebagian besar (53,9%) kategori sedang. Usia orangtua sangat berkaitan dalam menentukan tingkat kepandaian memilih produk Indonesia (sign 0.049). Tingkat kepandaian orangtua dalam memilih produk Indonesia ditentukan oleh tingkat pendidikannya (sign 0,006). Tingkat pendidikan pasangan (suami/istri) menentukan kepandaian orangtua (suami/istri) dalam memilih produk Indonesia (0,018). Pekerjaan pasangan (suami/istri) menentukan kepandaian orangtua (suami/istri) dalam memilih produk Indonesia (sign 0,013). Penghasilan menentukan kepandaian orangtua dalam memilih produk Indonesia (sign 0,001). Upaya yang paling banyak dilakukan orang tua kepada anak untuk mencintai produk Indonesia dengan cara mengenalkan budaya Indonesia (55,07%). Upaya paling banyak dilakukan orang tua untuk mengenalkan kepada anak produk Indonesia dengan cara menggunakan atau memakai produk Indonesia (68,12%). Ditemukan model pendidikan kebangsaan kepada anak usia dini dalam bentuk: (a) ToT untuk guru tentang bagaimana mendampingi anak dalam memilih produk dalam negeri. (b) Pelatihan dan pendampingan untuk orangtua untuk memperkenalkan bagaimana cinta produk dalam negeri. (c) Penyusunan modul pembelajaran kepada anak dalam memilih produk I ndonesia.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: Prosiding Seminar Nasional 2016
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter kebangsaan, anak usia dini
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 22 Aug 2016 03:43
Last Modified: 22 Aug 2016 03:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40292

Actions (login required)

View Item View Item